Entertainment

Setelah 17 Tahun, Ajang Pencarian Bakat X Factor Garapan Simon Cowell Dihentikan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 30th 2021

(Foto: NBC)

Ajang pencarian bakat The X Factor dihentikan setelah berjalan selama 17 tahun dan telah dikonfirmasi oleh stasiun televisi ITV. Acara yang dicetuskan oleh Simon Cowell itu telah menghasilkan sederet bintang sukses seperti One Direction dan Little Mix.

“Belum ada rencana untuk serial The X Factor yang selanjutnya,” ujar juru bicara ITV pada Variety. “Secara global, acara ini masih menjadi fenomena dan menghasilkan banyak keuntungan setiap tahunnya. Namun, di Britania Raya, tidak diragukan lagi bahwa acara itu menjadi kian menurun,” ungkap “orang dalam” dari acara tersebut pada The Sun.

The X Factor sendiri pertama kali disiarkan pada 2004 dan telah menghasilkan 15 musim dengan total 445 episode. Rating acara tersebut memang semakin menurun selama beberapa tahun terakhir.

Di tahun 2018, ajang penghargaan ini sempat tayang, tetapi absen di tahun 2019 dan 2020. Hanya ada serial spinoff berjudul The X Factor: Celebrity dan The X Factor: Band yang tayang pada 2019. Pada 2020, acara ini sepenuhnya hiatus.

Masih ada beberapa bintang dari ajang pencarian bakat ini yang bersinar hingga sekarang. One Direction misalnya, memenangkan The X Factor di tahun 2010, karier boyband tersebut melejit hinga akhirnya memutuskan hiatus di tahun 2015. Zayn Malik juga memutuskan keluar dari grup di tahun yang sama. Directioners masih berharap akan ada reuni nih meski perayaan anniversary ke-11 boyband itu hanya diramaikan oleh Louis Tomlinson dan Liam Payne.

Setahun setelahnya, Little Mix berhasil menjadi girl group pertama yang memenangkan The X Factor. Karya-karya mereka masih dinantikan para Mixers hingga saat ini. Sayangnya Jesy Nelson memutuskan keluar dari grup ini pada akhir 2020 lalu.

Penghentian The X Factor erat kaitannya dengan acara baru yang digarap Cowell yaitu Walk The Line. Bukan sebuah pencarian bakat, acara tersebut punya format kuis musikal dan tetap akan tayang di ITV.

Tenang, hanya The X Factor di Britania Raya kok yang dihentikan. Di Indonesia, ajang pencarian bakat ini masih berjalan dan melakukan audisi secara online. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Setelah 9 Tahun Berkarya Bersama, Jesy Nelson Hengkang dari Little Mix

Entertainment
Simon Cowell Coba Bujuk One Directon buat Comeback, Fans Justru Marah

Entertainment
Zayn Malik Rilis ‘Vibez’, Lagu Asyik Menyambut Album ‘Nobody Is Listening’