Esports

M3 Arabia Major Menjadi Jalan Tim Timur Tengah untuk Lolos ke M3

Dika Afandi N

Posted on July 29th 2021

Gelaran Mobile Legends World Championship kini bakal kedatangan tim-tim baru. Pasalnya, kini akan hadir turnamen M3 Arabia Major. Turnamen tersebut untuk menjadi ajang kualifikasi tim-tim divisi Mobile Legends asal Timur Tengah untuk lolos ke M3 2021 yang dihelat Desember mendatang.

M3 Arabia Major merupakan turnamen resmi pertama yang ada di Timur Tengah. Sebab, di Timur Tengah belum ada liga seperti Mobile Legends Professional League (MPL). MPL sendiri masih ada di 5 negara saja. yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Brazil.

Sebelum M3 Arabia Major, Moonton -developer Mobile Legends- sempat menggelar Mobile Legends: Gulf Cup 2020. Itupun juga bukan turnamen resmi untuk perhelatan M3 2021. M3 2021 sendiri akan menyediakan total prizepool sebesar USD 50 ribu atau setara dengan Rp. 724 juta.

Rencananya, M3 Arabia Major akan mulai dihelat pada 6 Agustus. Dibuka dengan fase kualifikasi. Nantinya 16 tim terbaik di fase kualifikasi akan melaju ke fase grup yang akan bergulir mulai 13 Agustus hingga 9 September.

Sedangkan untuk babak playoff baru akan digelar 10 September dan berhenti babak grand final pada tanggal 24 September untuk mencari tim terbaik yang berhak lolos ke M3 2021.

M3 Arabia Major sendiri akan menjadi turnamen esports Timur Tengah pertama yang diikuti banyak negara. Total ada 21 negara yang akan mengikuti. Di antaranya adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Oman, Bahrain, Mesir, Yordania, Maroko, Irak, Sudan, Lebanon, Aljazair, Tunisia, Yaman, Suriah, Palestina, Libya, Mauritania, Somalia, dan Djibouti.

Dilansir dari halam resmi turnamen M3 Arabia Major, saat ini sudah ada 382 tim yang mendaftar untuk mengikuti babak kualifikasi M3 Arabia Major. Tentu jumlah tersebut sangatlah banyak dibandingkan dengan tim peserta MPL yang biasa diikuti 10 tim saja.

Saat ini, Mobile Legends memang melakukan invasi di beberapa negara. Terakhir Moonton telah menghadirkan Mobile Legends Professional League (MPL) di Negeri Samba, Brasil.

Mobile Legends di Brasil memang terbilang berkembang cukup pesat. Dalam beberapa tahun terakhir saja, sudah banyak bermunculan pemain hebat. Mereka ternyata bisa kompetitif di ajang internasional. Bahkan pada gelaran kejuaraan dunia yaitu M1 dan M2, selalu ada tim Brasil. Seperti GEO Esports dan DreamMax.

Kini juga beredar kabar, Moonton akan menghadirkan MPL di Rusia dan Jepang. Seperti diketahui, Rusia dan Jepang di M1 dan M2 juga mengirim tim-tim andalannya untuk turut serta. Rusia sendiri memiliki tim bernama Unique Deus Vult. Sedangkan Jepang memiliki 10S Gaming Frost.(*)

Related Articles
Esports
Mobile Legends World Championship (M3) Digelar Desember 2021

Esports
Jawab Kritikan, Moonton Naikkan Prizepool M3

Esports
Grand Final M2 2021: Kalahkan Burmese Ghouls, Bren Esports Jawara Baru M2