Tech

Permudah Penawaran Produk Akun Bisnis, Twitter Uji Coba Fitur Belanja Baru

Jingga Irawan

Posted on July 29th 2021


Credit: Twitter

Fitur belanja dan penawaran produk tampaknya jadi perhatian khusus perusahaan media sosial. Dilansir The Verge, Kamis (29/7), Twitter kini sedang menguji coba fitur baru yang mengizinkan akun bisnis untuk menambah bagian belanja ke profil mereka.

Fitur bernama Shop Module tersebut mulai diluncurkan di AS, Rabu (28/7). Bagian tersebut dapat menawarkan produk untuk dikunjungi pengguna Twitter. Dengan mengetuk gambar produk, fitur ini dapat membawa pengguna melihat 'opsi' sebelum melakukan pembelian. Tanpa harus keluar dari halaman Twitter.

Uji coba saat ini terbatas pada perangkat iOS dan hanya diperuntukkan bagi pemilik akun yang menggunakan layanan Twitter dalam bahasa Inggris.

“Orang-orang membicarakan produk di Twitter setiap hari, jadi kami senang tentang bagaimana eksplorasi awal Shop Module ini dapat membangun jembatan antara orang-orang yang membicarakan dan menemukan produk di Twitter untuk benar-benar membelinya,” begitu bunyi pernyataan yang dirilis Twitter.

Gif created by The Verge

Uji coba sendiri masih dilakukan oleh sejumlah kecil merek, termasuk GameStop, Arden Cove, dan beberapa lainnya. Twitter belum mengungkapkan deadline kapan akan fitur ini diperluas ke lebih banyak merek dan kapan bakal tersedia di negara lainnya.

Platform media sosial lainnya termasuk Facebook, Instagram hingga Pinterest juga telah menggunakan fitur baru seputar belanja dan toko online demi mempermudah pengguna untuk membeli barang yang diinginkan. Fitur ini juga dapat menjadi jalan pintas bagi pemilik bisnis agar dapat berinteraksi langsung melalui penawaran produk mereka dengan calon pembeli.

Twitter memang sedang getol menambah penghasilan selain dari iklan. Pada tahun ini saja, Twitter telah mengumumkan layanan berlangganan berbayar dengan akses ke fitur premium, serta rencana untuk memungkinkan pengguna terkena biaya untuk akses ke konten eksklusif, dan fitur Tip Jar.(*)

Related Articles
Tech
Pengguna Sudah Banyak, Twitter Mulai Uji Coba Iklan untuk Fleets

Tech
Layanan Milik Garmin Tidak Bisa Digunakan, Diserang Ransomware?

Tech
Twitter Kenalkan Fitur Pelaporan Baru Terkait Misinformasi Covid-19 dan Pemilu