Tech

TikTok Siapkan Fitur Moderator dan Filter Komentar saat Live demi Cegah Bullying

Biar para haters nggak bisa mengganggu~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 28th 2021

(Gambar: TikTok)

TikTok sedang menyiapkan beberapa fitur menarik buat meningkatkan pengalaman live kalian di aplikasi tersebut. Beberapa yang menarik adalah fitur yang berguna untuk menangkal haters dengan adanya moderator video dan filter kata-kata tertentu.

Sebelum memulai siaran langsung, kreator bisa memilih akun tepercaya sebagai moderator live tersebut. Caranya gampang, tingal klik settings di bagian kanan halaman livestream. Host dan moderator bisa melakukan mute atau block akun yang dianggap mengganggu. Jadi host bisa tetap fokus membawakan acara tanpa sibuk nge-block haters deh.

(Gambar: TikTok)

Ada juga fitur filter kata-kata serupa dengan yang dimiliki Instagram. Kreator bisa menambahkan hingga 200 kata-kata yang ingin diblokir dari siaran tersebut. Kata-kata tersebut bisa diatur di bagian settings juga, sebelum atau saat livestream berlangsung. Host dan moderator bisa menambahkan kata-katanya.

(Gambar: TikTok)

Dari sisi penonton, kita juga akan diingatkan sebelum mengirimkan komentar yang mungkin menyakitkan. Akan ada pop up pengingat untuk memastikan bahwa kita yakin komentar yang ditulis nggak menyakiti orang lain. Hanya sekadar mengingatkan sih, penonton bisa memilih untuk mengedit komentar atau tetap mengunggahnya.

Selain itu, ada juga fitur Live Events yang memungkinkan kreator menjadwalkan, mempromosikan, dan mengatur siaran langsung yang akan diadakan. Nantinya penonton bisa mendaftar di acara tersebut dan menerima notifikasi jika live akan dimulai. Semacam membuat live seperti acara sungguhan gitu lho, ada pendaftarannya~

(Gambar: TikTok)

Akan ada juga fitur Top Lives yang akan menampilkan siaran langsung di For You Page dan Following Page, jadi kita bisa dapat rekomendasi live yang harus kita tonton. Siaran langsung juga nggak lengkap tanpa tanya jawab dan TikTok memungkinkan kreator melakukan Q&A secara live. Pertanyaan bisa di-highlight, jadi lebih mudah deh memahami siarannya.

(Gambar: TikTok)

Serupa dengan Instagram, TikTok juga memungkinkan kreator buat nge-live berdua nih. Oh iya, kita juga akan bisa menyaksikan livestream secara picture-in-picture kalau perlu membuka aplikasi lain saat menonton. Asyik kan?

Di luar itu, Charli D’Amelio sebagai pemilik followers TikTok terbanyak terancam disalip sama Khaby Lame, kreator video dengan wajah datar yang menghibur banget. Aplikasi satu ini juga sedang menguji coba fitur Shoutout, fitur yang memungkinkan pengguna bisa membayar kreator untuk membuat video eksklusif. (*)

Related Articles
Tech
TikTok Resmi Rilis Fitur Q&A, Bisa Jadi Tempat FAQ buat Para Kreator Konten

Tech
TikTok Uji Coba Fitur Q&A, Tempat Kreator Jawab Pertanyaan dalam Teks atau Video

Tech
TikTok Akan Rilis Fitur Auto-Caption, Bisa Buat Subtitle Otomatis di Tiap Video