Esports

Tencent Umumkan PMGC 2021 Digelar November

Dika Afandi N

Posted on July 27th 2021

Tencent resmi mengumumkan akan menggelar kembali turnamen prestisius PUBG Mobile: PUBG Mobile Global Championship (PMGC 2021). Rencananya, PMGC 2021 akan mulai dihelat pada November 2021 hingga Januari 2022 mendatang.

Kabar tersebut resmi disampaikan Tencent menjelang berakhirnya PUBG Mobile World Invitation (PMWI) 2021, Minggu (25/7) lalu. Direktur Esports Global PUBG Mobile Tencent Games, James Yang, menegaskan bahwa PMGC 2021 akan menjadi turnamen dengan prizepool terbesar sepanjang sejarah turnamen esports mobile.

Total prizepool yang dihadirkan sebesar USD 6 juta. Setara dengan Rp 86 miliar. Angka itu naik 3 kali lipat lebih besar dari PMGC Season 0 yang menghadirkan total prizepool senilai USD 2 juta (setara Rp 28 miliar).

Format turnamen untuk PMGC 2021 kali ini tidak jauh berbeda dengan PMGC Season 0 sebelumnya. Yaitu akan ada dua fase. Fase regular season dan fase grand final. Untuk fase reguler season sendiri akan mulai dihelat November sampai Desember 2021. Sedangkan grand final akan bergulir pada Januari 2022.

Tim yang berhak lolos ke PMGC 2021 setidaknya berhasil mengumpulkan poin paling banyak di fase regular season dan grand final PUBG Mobile Professional League di masing-masing negara. Selain itu, tim teratas dari PMPL South East Asia dan PMPL EMEA akan secara otomatis melaju ke PMGC 2021.

Sayangnya, Tencent masih belum mengkonfirmasi apakah PMGC 2021 kali ini akan digelar secara offline atau online. Dilansir dari DOT Esports, James Yang menyampaikan bahwa Tencent akan berusaha menggelar PMGC 2021 secara offline yang tentunya bisa dihadiri oleh penonton. Kini Tencent juga masih mencari lokasi yang memungkinkan untuk menggelar PMGC 2021.

Menengok pada PMGC Season 0 lalu, Tencent sebenarnya menggelar PMGC secara offline di Dubai, Uni Emirat Arab. Akan tetapi, sehari menjelang grand final ada salah satu pemain yang terkonfirmasi positif Covid-19. Alhasil, para pemain terpaksa bermain secara online di kamar hotel masing-masing.

Tencent juga berharap bila pandemi akan segera mereda sebelum gelaran PMGC 2021 dimulai. Sebab, sangat disayangkan bila turnamen dengan prizepool terbesar di scene kompetitif esports mobile harus digelar secara online.(*)

Related Articles
Esports
5 Senjata Paling Laris Digunakan di PMGC Season 0

Esports
Map Team Deathmatch Hadir di PUBG: New State

Esports
PMGC Usai, RRQ Athena Ditinggal ”Beer11” dan ”G9”