Entertainment

Camila Cabello Dicap Rasis saat Bawakan ‘Don’t Go Yet’, Blackface Itu Apa sih?

Blackface menyimpan sejarah kelam rasisme di Amerika Serikat.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 27th 2021

(Foto: The Tonight Show Starring Jimmy Fallon)

Camila Cabello baru aja comeback dengan lagu terbarunya yaitu Don’t Go Yet, tapi sayangnya ada tuduhan rasisme yang diarahkan ke penyanyi tersebut. Camila dianggap menyakiti orang berkulit hitam karena video penampilannya di acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

Masalah berawal dari kehadiran salah satu penari latarnya. Dalam penampilan tersebut, sang penari yang adalah orang berkulit putih dirias dengan spray tan untuk menggelapkan warna kulitnya. Sayangnya, riasan tersebut dinilai menyakiti orang berkulit hitam karena terlihat seperti blackface.

(Foto: Twitter @Camila_Cabello)

Apa itu blackface?

Blackface bukan sekadar riasan kulit wajah yang gelap. Dilansir dari Vox, pada pertengahan hingga akhir abad ke-90, aktor berkulit putih sering mengenakan riasan wajah gelap untuk menggambarkan tokoh budak kulit hitam.

Dilansir dari CNN, saat itu, tokoh budak berkulit hitam digambarkan sebagai orang yang malas, bodoh, atau cabul. Mungkin penampilan tokoh itu bisa menghibur para penonton berkulit putih, tapi penggambaran seperti itu sangat menyakitkan untuk komunitas kulit hitam. Ini juga menandai rasa superior orang berkulit putih dengan menggambarkan bahwa tokoh-tokoh berkulit hitam punya karakter yang buruk.

Intinya, blackface dimanfaatkan orang berkulit putih untuk membuat image buruk pada orang berkulit hitam. Jelas itu sangat melukai komunitas kulit hitam dan dianggap sebagai hal yang sangat rasis.

Pembelaan Camila Cabello

Melalui twitnya, penyanyi kelahiran 24 tahun lalu itu menyebut bahwa penarinya itu tidak menggunakan riasan blackface, melainkan seharusnya menjadi tokoh dengan spray tan yang kacau. ”Kami sengaja menampilkan grup penampil multikultural, harapannya adalah menunjukkan kalau penampil tidak harus orang Latin,“ ujarnya.

(Foto: Twitter @Camila_Cabello)

”Ada orang berkulit putih, orang Afrika-Amerika, orang Latin, dan lain-lain. Poinnya bukan untuk membuat semuanya terlihat seperti orang Latin juga. banyak orang di penampilan ini yang bukan [orang Latin]. Poinnya adalah membuat setiap karakter tampak seperti orang tahun 80-an seperti di video, termasuk orang berkulit putih dengan spray tan oranye yang kacau,” lanjut pemilik album Romance itu.

(Foto: Instagram @dyl319/Twitter @knnewagb)

Meski sudah mengklarifikasi permasalahan ini, sebagian penggemar Camila tetap meminta permohonan maaf darinya karena telah menyakiti komunitas kulit hitam. Sang penari latar juga sempat mengunggah story dengan emoji orang berkulit hitam dan tindakan tersebut dianggap menyakitkan—sehingga masalah ini makin runyam. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Camila Cabello Rilis ‘Don’t Go Yet’, Lagu Pembuka buat Album Baru ‘Familia’

Entertainment
Camila Cabello Merasa Aneh Rilis Lagu Baru saat Nggak Bisa Menyapa Fans Langsung

Entertainment
Camila Cabello Umumkan Akan Rilis ‘Don’t Go Yet’, Lagu Berbahasa Spanyol!