Entertainment

Simu Liu Sempat Ragu Marvel Tak Selesaikan ‘Shang-Chi’ Tepat Waktu

Jingga Irawan

Posted on July 26th 2021

Simu Liu (Tengah) saat syuting Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Credit: Marvel

Fitur terbaru Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, akan mewakili seorang superhero Asia yang nantinya bisa menjadi pusat perhatian di Marvel Cinematic Universe. Apalagi, Marvel sekarang telah membuka dunia yang sangat berbeda dan memperkenalkan pemeran karakter baru.

Sayangnya, jalan menuju rilis Shang-Chi tak mulus. Seperti banyak film lainnya, produksi Shang-Chi dihentikan selama beberapa bulan karena Pandemi Covid-19, yang berdampak pada pembuatan filmnya. Film tersebut memiliki tanggal rilis yang diundur beberapa kali, yang terbaru dari 9 Juli 2021 menuju 3 September 2021.

Sementara Marvel Studios akhirnya sukses membuka Phase 4 MCU dengan merilis Black Widow, aktor utama dari Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Simu Liu, mengungkapkan bahwa sempat ada kekhawatiran kalau Marvel tak bisa menyelesaikan film Shang-Chi-nya, walau sekarang filmnya sudah siap dirilis.

Berbicara kepada Comicbook pada pemutaran perdana Jungle Cruise, Simu Liu mengklaim bahwa para pemain dan kru "tak tahu apakah akan berhasil mencapai garis finish". Karena produksi di Sydney ditutup selama empat bulan. Ia juga menggambarkan produksi sebagai "perjuangan panjang," terutama karena menunggu konfirmasi dari pejabat Australia untuk memulai syuting lagi setelah penutupan.

“Pertarungan panjang dengan film ini. Kami syuting di Sydney selama 13 hingga 14 bulan, kami tutup selama empat bulan di tengah seluruh dunia tutup, dan ada saat di mana kami tak yakin apakah kami akan bisa menyelesaikannya,” kata Liu.

“Bahkan ketika kami mulai kembali dan menjalani tes dan protokol Covid-19 dan semua itu, kami tak tahu apakah kami akan berhasil mencapai garis finish. Sungguh perasaan yang luar biasa mengetahui kami melakukannya dan mengetahui film ini sekarang siap untuk ditonton orang. Ini hanya perasaan yang luar biasa.”

Seperti pemberitaan yang beredar selama ini, Shang-Chi bukan satu-satunya film di MCU yang menghadapi masa depan tak pasti sebagai akibat dari pandemi, yang permulaannya menyebabkan sejumlah penundaan di seluruh MCU. Sementara Wandavision dan Loki dapat dirilis melalui Disney+, Marvel perlu berpikir keras saat akan merilis Black Widow melalui Disney+.

Dengan demikian, Black Widow melewatkan tanggal rilis aslinya pada Mei 2020 dan awalnya diberi tanggal rilis Eternals pada November tahun itu. Perilisan film ditunda sekali lagi hingga Mei 2021, sebelum akhirnya dirilis pada Juli di bioskop dan melalui akses premier Disney+. Namun, tak seperti Black Widow, Shang-Chi hanya akan dirilis di bioskop pada 3 September. (*)

Related Articles
Entertainment
Kapan Timeline ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ dalam MCU?

Entertainment
Film Marvel ‘Shang-Chi’ Mulai Proses Syuting Dalam Waktu Dekat

Entertainment
Red Guardian Punya Banyak Tato dalam ‘Black Widow’, Apa Saja sih Maknanya?