Tech

Boxabl Hasilkan Rumah Lipat, Murah dan Cepat

Jingga Irawan

Posted on July 25th 2021

Credit: The Tiny House

Ini mungkin jadi rumah impian bagi warga di kota besar yang terbatas dalam mendapatkan lahan. Sebuah startup di Las Vegas segera memproduksi unit rumah yang dapat dilipat dan ditumpuk. Model rumah lipat juga dapat dikirim tanpa membutuhkan ruang yang besar.

Perusahaan di balik bisnis ini adalah Boxabl, sebuah startup baru berbasis teknologi yang bertujuan untuk menjual rumah dengan biaya konstruksi yang murah.

Meskipun sudah banyak perusahaan yang mengembangkan 3D Printing dan teknologi otomatis lainnya dalam membangun rumah, Boxabl memiliki misi untuk mengirimkan rumah senyaman mungkin bagi pelanggan. Ini lah yang kemudian menjadikan Boxabl memiliki desain unik yang dapat dilipat dan disusun dengan cepat.

“Pengaturan sebenarnya dari unit itu sendiri sangat cepat. Kami telah melakukannya (di fasilitas perusahaan) dalam waktu kurang dari satu jam,” kata salah satu pendiri Boxabl, Galiano Tiramani.

Produk pertama perusahaan adalah Casita seluas 6 X 6 Meter dengan harga USD 49.500 (Rp 723,5 juta). Akhirnya, perusahaan memperluas bisnisnya dengan menawarkan berbagai ukuran dan bentuk yang berbeda, yang dapat ditumpuk dan digabungkan dengan cara yang berbeda, hampir seperti rumah bata Lego.

Pelanggan pertama dari Boxabl adalah Pemerintah Federal AS. Sejak saat itu, perusahaan memiliki banyak pelanggan yang sudah mengantre. Namun, ada rumor yang beredar bahwa pelanggan awal Boxabl adalah sosok sangat terkenal, Elon Musk. 

Pasalnya, setelah kabar dia menjual semua rumahnya, CEO Tesla dan maestro ruang angkasa tersebut baru-baru ini men-tweet kalau dia memiliki tempat tinggal yang lebih murah yang disewa.

"Rumah utama saya secara harfiah adalah rumah USD 50k di Boca Chica / Starbase yang saya sewa dari SpaceX," kata Elon Musk.(*)

Related Articles
Interest
Jual Rumah Mewahnya, Elon Musk Tinggal di "Rumah Box" Super Minimalis

Tech
Maksimalkan Pembayaran Digital, Tesla Investasi USD 1,5 Miliar Bitcoin

Tech
Menyusul Tesla, Pembuat Mobil Listrik Tiongkok NIO Perluas Pasar ke Norwegia