Sport

Yes Perunggu! Windy Cantika Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Tokyo 2020

Mainmain.id

Posted on July 24th 2021

Indonesia mulai mendapatkan medali di Olimpiade Tokyo 2020. Adalah lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah yang menjadi penyumbang medali pertama bagi tim Merah Putih dalam Olimpiade Tokyo.

Windy yang turun di kelas 49 kg itu meraih medali perunggu setelah mencatatkan total angkatan 194 kg, dengan snatch 84 kg. Ia mencatatakan clean and jerk 110kg.

Sementara medali emas direbut oleh lifter Tiongkok Hou Zhihui yang membukukan total angkatan 210 kg. Dengan rincian snatch 94kg serta clean and jerk 116 kg.

Lifter India Chanu Mirabai berhak atas medali perak seusai mencatatkan angkatan total 202 kg dengan snatch 87 kg serta clean and jerk 115 kg.

Yang mengesankan ini adalah debut Windy Cantika di ajang Olimpiade. Windy Cantika awalnya gagal melakukan angkatan snatch 84 kg di percobaan pertama. Ia baru mampu mengangkat barbel seberat 84 kg itu di kesempatan kedua.

Sayangnya, Windy kembali gagal ketika mencoba menambah beban angkatannya menjadi 87 kg pada percobaan ketiga. Beruntung kegagalan tersebut langsung ditebus saat ia melakukan angkatan clean and jerk.

Windy tak menemukan hambatan yang berarti saat melakukan angkatan clean and jerk dalam tiga kesempatan. Atlet berusia 19 tahun itu dengan mudah mengangkat angkatan dimulai dengan 103 kg, 108 kg, hingga 110 kg, dan memastikan medali perunggu untuk Indonesia.

Keberhasilan ini membuat Windy dipastikan mendapatkan bonus. Sedikitnya lifter asal Kabupaten Bandung itu akan menerima Rp 1,1 miliar.

Besaran bonus tersebut seperti yang dijanjikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Peraih emas bakal diguyur bonus Rp 5 miliar, perak Rp 2 miliar dan perunggu Rp 1 miliar. Selain itu bonus juga datang dari pihak swasta.

Pihak swasta yang sudah memastikan mengucurkan bonus adalah bos dari J99.Corp, Gilang Widya Pramana. Ia menjanjikan bonus Rp 500 juta untuk medali emas. Perak Rp 250 juta dan perunggu Rp 100 juta. Selain mengucurkan bonus, pemilik bus Juragan 99 ini juga menyiapkan dua bus operasional Tim Indonesia.(*)

Related Articles
Sport
Jadwal Bertanding Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu 24 Juli 2021

Sport
Jonatan Christie Menang Mudah dari Wakil Tim Pengungsi Olimpiade Tokyo 2020

Sport
Hendra-Ahsan "The Daddies" Atasi Wakil Kanada di Grup D Badminton Tokyo 2020