Current Issues

MBC Minta Maaf Tampilkan Gambar Tak Pantas Saat Siarkan Olimpiade Tokyo 2020

Jingga Irawan

Posted on July 24th 2021

Credit: Getty Images

Siaran pembukaan Olimpiade Tokyo 2021 oleh stasiun TV Korea Selatan, MBC, menimbulkan kontroversi. Melansir Herald Sun pada Sabtu (24/7), MBC menggunakan gambar yang tak pantas untuk memperkenalkan atlet dari negara lain selama upacara pembukaan berlangsung.

Ketika representasi Italia masuk, MBC menampilkan gambar Pizza, kemungkinan langkah ini diambil agar penonton mudah mengenali keidentikan negara. Sementara itu, Norwegia diberi gambar salmon. Tapi saat atlet dari Ukraina diperkenalkan, gambar kerusakan Chernobyl muncul di layar.

Representasi Ukraina

Kecelakaan Chernobyl adalah salah satu peristiwa mengerikan dalam sejarah umat manusia. Pada tahun 1986, reaktor nomor empat di fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Chernobyl, dekat Pripyat, Ukraina meledak. Menurut catatan resmi BBC, 31 orang tewas dalam tiga bulan pertama kejadian itu dan kemungkinan 600.000 orang terkena paparan radiasi berbahaya.

Tak hanya menampilkan gambar kerusakan Chernobyl untuk perkenalan Ukraina, ketika atlet Haiti memasuki stadion, penjelasan di layar mengatakan bahwa situasi politik di Haiti yang tertutupi oleh pembunuhan presiden, yang baru-baru ini terjadi.

Representasi Haiti

Sementara, saat atlet Suriah masuk, teks di layar menjelaskan bahwa Suriah memiliki “sumber daya bawah tanah yang kaya dan perang saudara yang telah berlangsung selama 10 tahun.” El Salvador diperkenalkan dengan gambar yang menunjukkan rumah dengan poster Bitcoin.

Representasi El Salvador

Sedangkan untuk tampilan Indonesia, MBC menyematkan angka rata-rata vaksinasi sebesar 6 persen, yang dinilai oleh sebagian besar netizen sebagai “sindiran halus” dan tak ada hubungannya dengan Olimpiade.

Credit: Twitter @Lovemazehobi

Dengan adanya kejadian ini netizen dari berbagai belahan dunia menyayangkan siaran upacara pembukaan yang menggunakan gambar tak pantas, khususnya Chernobyl dan kerusuhan di Haiti. Padahal salah satu tujuan penting digelarnya Olimpiade adalah untuk menyatukan dunia.

Di tengah kritik dan keluhan datang, MBC akhirnya mengeluarkan permintaan maaf. “Dalam siaran upacara pembukaan hari ini, foto-foto yang tidak pantas digunakan saat memperkenalkan negara-negara seperti Ukraina dan Haiti. Juga, foto dan subtitle yang tidak pantas digunakan untuk negara lain. Kami meminta maaf kepada pemirsa Ukraina dan negara-negara lain.”

MBC bukan satu-satunya penyiar yang melakukan kontroversi. Saat tim Australia memasuki stadion, pakar CBC Kanada memuji karena "ada dua wanita yang membawa bendera, Cate si perenang dan Patty si pemain bola basket." Yang dijawab oleh rekan penyiar lainnya, "ya, begitulah caramu melakukannya.”(*)

Related Articles
Sport
Shin Tae-yong, Ahjussi Korea Calon Pelatih Timnas Indonesia

Interest
Kerahkan Pocong hingga Robot Demi Pastikan Warga Berdiam di Rumah

Current Issues
Peneliti Terbaru di Kanada: Masker Tak Ganggu Pernapasan Saat Olahraga