Sport

Lima Cabang Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Mainmain.id

Posted on July 24th 2021

Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi dibuka. Pada event kali ini ada lima cabang olahraga (cabor) baru yang akan dipertandingkan. Apa saja? Stakeboarding, karate, selancar, baseball/softball dan panjat tebing. Kelimanya akan memberikan medali emas, perak dan perunggu untuk pertama kalinya di ajang Olimpiade.

Pada Olimpiade yang rencananya berlangsung Juli hingga Agustus ini, diperkirakan ada lebih 11.000 atlet yang akan berkompetisi di 33 cabang olahraga. Jumlah itu sebenarnya bisa saja lebih banyak mengingat beberapa mengundurkan diri karena alasan Covid-19.

Mengutip dari Channel News Asia, ditambahkannya lima cabang olahraga baru itu atas permintaan Jepang selaku tuan rumah. Jepang sudah mengajukan hal itu sejak 2015. Setahun berikutnya pengajuan itu dapat persetujuan dari IOC atau International Olympic Committee.

Jepang mengajukan lima cabang olahraga baru itu bukan tanpa sebab. Negeri itu memang dikenal punya atlet-atlet mumpuni di kelima cabang olahraga tersebut. Jadi upaya menambah cabang olahraga baru ini sekaligus sebuah kesempatan bagi Jepang untuk mendulang medali dari sana.

Kanoa Igarashi adalah harapan Jepang dalam cabang olahraga berselancar. Sementara itu di cabang olahraga skateboarding, Jepang merupakan negara peringkat tinggi dalam catatan World Skate, badan internasional yang menangani olahraga roller

Semua orang juga tahu bahwa Negeri Matahari Terbit adalah rumah bagi olahraga karate. Begitu pula bisbol, olahraga ini sangat populer di Jepang. Selain itu, Jepang juga merupakan salah satu dari sedikit negara yang memiliki tim kompetitif di cabang panjat tebing.

Lima cabang olahraga baru ini juga sudah coba dikampanyekan Google lewat Doodlenya. Sebagaimana diketahui, menyambut Olimpiade Tokyo 2020, Google meluncurkan game sederhana berjudul Doodle Champions Island Games. Di dalam game itu ada permainan yang menyangkut lima cabang olahraga baru di Tokyo 2020 (Baca juga: Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Google Doodle Luncurkan Champions Island Games). 

Presiden IOC Thomas Bach mengakui bahwa popularitas olahraga di Jepang menjadi faktor dalam persetujuan mereka. “Secara keseluruhan, kelima olahraga tersebut merupakan kombinasi inovatif dari acara-acara mapan dan baru yang berfokus pada pemuda yang populer di Jepang dan akan menambah warisan Olimpiade Tokyo,” kata Bach pada 2016, saat menyetujui permohonan Jepang.

Selama ini IOC memang cenderung mengakomodir usulan penambahan cabang olahraga baru dari tuan rumah Olimpiade. Harapannya tuan rumah agar bisa lebih dapat bersaing, menyediakan penggemar, atlet, dan fasilitas. Namun keputusan ini juga menunjukkan negara-negara yang lebih kecil atau lebih miskin dengan sedikit kesempatan menjadi tuan rumah acara tersebut mungkin memiliki pengaruh yang lebih kecil dalam hal pengambilan keputusan dan arah olahraga di masa depan.(*)

Related Articles
Sport
Boleh Tonton Estafet Obor Olimpiade Tokyo, Asal Pakai Masker dan Jaga Jarak

Sport
Olimpiade Tokyo Digelar 23 Juli-8 Agustus 2021

Current Issues
Sering Ikut Merasa Senang dan Terharu saat Nonton Olimpiade? Ini 4 Alasannya