Tech

Instagram Tambahkan Fitur Terjemahkan Teks Stories

Bisa Sekalian Belajar Bahasa Asing Nih.

Jingga Irawan

Posted on July 22nd 2021

Credit: Instagram 

Kalian punya aktor, penyanyi atau selebgram dari negara lain yang kalian follow di Instagram? Suka lihat stories-nya tapi nggak ngerti artinya? Jangan sedih, sekarang Instagram menambahkan fitur baru yang secara otomatis dapat menerjemahkan teks dalam postingan stories.

Dilansir The Verge pada Kamis (22/7), saat aplikasi Instagram mendeteksi bahasa asing dalam unggahan Stories, di bagian kiri atas layar akan menampilkan opsi "Lihat Terjemahan" atau “See Translation”. Untuk kalian yang ingin mengetahui terjemahan suatu teks, tinggal mengetuk opsi tersebut dan terjemahan akan muncul di bagian bawah.

Sebagai contoh, pengguna memilih menerapkan Bahasa Indonesia untuk aplikasi Instagram-nya. Maka saat mereka melihat Stories dengan teks Bahasa Spanyol akan secara otomatis muncul opsi tersebut.

Keberadaan fitur baru ini diumumkan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui akun Twitternya. "Saat kallian melihat sebuah Stories dengan teks, kalian akan mendapat pemberitahuan ‘See Translation’ jika bahasa yang kalian pakai berbeda dengan bahasa yang ada di dalam Stories. Fitur ini sudah ada di feed, profil, dan komentar, dan saya senang membawanya ke Stories," tulis Mosseri.

Sebagaimana disebutkan oleh Mosseri, pada 2016, Instagram menambahkan terjemahan ke komentar, caption feed, dan bio pengguna. Tentu nantinya akan ada kesamaan cara kerja terjemahan antara Stories dan feed.

Instagram mengatakan fitur terjemahan baru tersebut bakal tersedia secara global, dan saat ini mendukung lebih dari 90 bahasa untuk mempermudah berbagi konten dengan pengguna, khususnya followers secara internasional.

Sayangnya, Instagram belum menyediakan terjemahan audio untuk saat ini. Hanya, Instagram meluncurkan teks otomatis untuk Stories bahasa Inggris pada bulan Mei, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti Instagram akan meluncurkan terjemahan audio juga.(*)

 

Related Articles
Tech
Permudah Pengusaha, Facebook dan Instagram Uji Coba Fitur Shops

Tech
Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter

Interest
Sekarang Fitur Instagram Live Bisa via Desktop, Gak Perlu Pakai Plugins