Entertainment

MTV VMA Akan Tetap Adakan Kategori Best Group setelah Bikin Ramai Dunia Maya

Para fandom berbahagia banget nih~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 21st 2021


(Foto: Angela Weiss/Getty Images/Twitter @bts_bighit)

Setelah para Army, Mixers, dan fans grup musik lainnya protes keras, MTV Video Music Awards akhirnya mengklarifikasi bahwa akan tetap ada kategori Best Group di ajang penghargaan tahun ini. Tenang, tenang.

Sebelumnya pada Senin (19/7) lalu, Billboard menyebut bahwa VMA tahun ini tidak akan memiliki kategori Best Group seperti tahun sebelumnya. Kategori tersebut memang pernah absen dari ajang tersebut selama dua belas tahun sampai akhirnya kembali lagi di tahun 2019. Hanya sekitar satu jam, VMA langsung mengetwit “klarifikasi“.


Tangkapan layar twit @vmas

Kabar peniadaan tersebut tentunya bikin para fandom kecewa. Salah satu fandom yang paling vokal menyuarakan pendapat mereka adalah Army, penggemar dari grup hits BTS. Beberapa dari mereka menduga bahwa VMA sengaja menghapus kategori tersebut karena tidak ingin musisi dari Asia kembali membawa pulang piala.


Tangkapan layar artikel Billboard (Gambar: Twitter @ArmysUnitedBR)

Kontroversi kategori Best K-Pop juga jadi teringat kembali. Kategori tersebut adalah kategori yang baru diperkenalkan pada 2019 lalu, bertepatan dengan kembalinya kategori Best Group. Adanya Best K-Pop tampak seperti usaha agar artis K-Pop tidak memenangkan kategori utama dalam ajang penghargaan itu (Best Group termasuk salah satu kategori utama).

Di tahun 2019 dan 2020, BTS memang telah memenangkan kategori Best Group di ajang penghargaan tersebut. Kalau tahun ini pelantun Permission To Dance itu masuk nominasi dan menang lagi, resmi deh tiga kali berturut-turut Best Group.

Selain kategori Best Group, BTS juga punya peluang masuk dalam kategori Best K-Pop dan Best Pop. Di tahun 2020, boyband tersebut berhasil memenangkan Best K-Pop, Best Pop, dan Best Choreography dengan lagu On. Kalau di tahun 2019, BTS berhasil memenangkan kategori Best Group dan Best K-Pop dengan lagu Boy With Luv.

Untuk saat ini, VMA masih dalam tahap pemilihan nominasi yang akan masuk untuk tiap kategori. Akankah tahun ini mereka juga merebut sederet kemenangan seperti tahun-tahun sebelumnya? Mari kita nantikan pada 12 September mendatang! (*)

Related Articles
Entertainment
Ed Sheeran Ungkap Ajang Penghargaan Amerika seperti VMA Terasa Penuh Kebencian

Entertainment
Tetap Seru Meski Tanpa Penonton Langsung, Berikut Daftar Pemenang MTV VMA Awards

Entertainment
Ariana Grande dan Lady Gaga Borong Nominasi MTV Video Music Awards, Yuk Vote!