Tech

Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Jingga Irawan

Posted on July 21st 2021

Dari kiri Oliver Daemen, Mark Bezos, Jeff Bezos dan Wally Funk (Joe Raedle/Getty Images)

Jeff Bezos akhirnya menandingi pencapaian Richard Branson dalam pengembangan bisnis tur antariksa.

Dilansir Reuters pada Rabu (21/7), Jeff berhasil meluncur ke tepi ruang angkasa sekitar 107 km di atas Texas menggunakan pesawat New Shepard buatan Blue Origin. Aktivitas ini menandai penerbangan berawak pertama perusahaannya dan jelajah suborbital bersejarah di era baru pariwisata luar angkasa.

Jeff Bezos, bersama saudaranya Mark Bezos, penerbang senior wanita Wally Funk dan seorang remaja asal Belanda Oliver Daemen melakukan perjalanan yang berlangsung selama 10 menit dan 10 detik.

Bergabungnya Wally Funk yang berusia 82 tahun dan Oliver yang berusia 18 tahun menyematkan sejarah baru menjadi orang tertua dan termuda yang mencapai luar angkasa.

Kendaraan ruang angkasa yang digunakan Jeff setinggi 18,3 meter tersebut sepenuhnya otonom. Yang lepas landas vertikal diiringi mesin BE-3 dari fasilitas Launch Site One Blue Origin sekitar 32 km di luar pedesaan Van Horn, Texas.

New Shepard meluncur dengan kecepatan mencapai 3.595 km per jam, melebihi garis Kármán (100 km), sebuah tanda yang ditetapkan oleh badan aeronautika internasional untuk menentukan batas antara atmosfer dan ruang angkasa Bumi.

Peluncuran Blue Origin

Setelah kapsul terpisah dari booster, para kru melakukan back flips dan saling melempar benda tanpa bobot, untuk membuktikan bahwa benda dapat melayang. Kapsul yang mereka naiki kemudian kembali ke Bumi dengan tiga parasut, menggunakan sistem dorong retro yang mengeluarkan bantalan udara untuk pendaratan lunak.

Pendaratan kapsul Blue Origin

Sesaat setelah kapsulnya berhasil mendarat kembali di bumi menggunakan tiga parasut, Jeff bersorak dengan mengatakan “Hari terbaik yang pernah ada.”

Peluncuran Jeff dilakukan sembilan hari setelah Richard Branson memulai penerbangan suborbital perdana bersama Virgin Galactic dari New Mexico. Kedua penerbangan tersebut memberikan kredibilitas dan memicu antusiasme dalam industri pariwisata ruang angkasa komersial.

Namun, Jeff Bezos berhasil terbang lebih tinggi dibandingkan Richard Branson yang hanya mencapai 86 km. Para ahli menyebutnya sebagai penerbangan luar angkasa tanpa pilot pertama di dunia dengan semua awak sipil.

"Saya ingin berterima kasih kepada setiap karyawan Amazon dan setiap pelanggan Amazon, karena kalian membayar semua ini," kata Jeff kepada wartawan.

Didirikan pada 2000, Blue Origin mengklaim telah bekerja dengan keras untuk dapat menggunakan kembali kendaraan New Shepard setidaknya 100 kali. Jeff juga mengaku bahwa penerbangan luar angkasa berawak pertama ini merupakan langkah menuju pengembangan armada pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali.

"Kami akan membangun jalan ke luar angkasa sehingga anak-anak kami dan anak-anak mereka dapat membangun masa depan. Kita perlu melakukan itu untuk memecahkan masalah di Bumi ini,” pungkas Jeff.(*)

 

Related Articles
Tech
Punya SpaceX, Elon Musk Malah Beli Tiket Tur Antariksa Virgin Galactic

Tech
Pemenang Lelang Tiba-Tiba Tunda Terbang Bersama Blue Origin. Kenapa Ya?

Tech
Blue Origin Siap Catatkan Sejarah Penerbangan Luar Angkasa Sipil Tanpa Pilot