Tech

Xiaomi Salip Apple sebagai Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Dunia

Jingga Irawan

Posted on July 17th 2021

Foto: Sam Byford/The Verge

Persaingan di bidang smartphone dan gadget tampaknya semakin ketat. Dilansir The Verge pada Sabtu (17/7), laporan baru Canalys menyebutkan Xiaomi sekarang adalah vendor smartphone terbesar kedua berdasarkan pengiriman di seluruh dunia, pada kuartal kedua 2021.

Menurut perusahaan riset Canalys, Xiaomi memiliki 17 persen pangsa pasar global, tepat di belakang Samsung yang menangkap 19 persen pangsa pasar. Apple berada di urutan ketiga dengan capaian 14 persen.

Oppo dan Vivo juga berada lima daftar vendor teratas dengan masing-masing 10 persen market share. Kelima perusahaan tersebut meningkatkan penjualan dari tahun ke tahuh. Tetapi yang menarik perhatian adalah seberapa besar Xiaomi telah berhasil meningkatkan jumlah penjualannya.

Perusahaan menjual 83 persen lebih banyak ponsel daripada kuartal kedua tahun lalu, sedangkan Samsung meningkatkan penjualannya15 persen dan Apple hanya satu persen.

“Xiaomi mengembangkan bisnisnya di luar negeri dengan cepat,” kata Manajer Riset Canalys Ben Stanton, mengutip peningkatan penjualan di kawasan Eropa Barat, Afrika, dan Amerika Latin.

“Namun sebagian besar masih condong ke pasar massal, dan dibandingkan dengan Samsung dan Apple, harga jual rata-rata masing-masing sekitar 40 persen dan 75 persen lebih murah. Jadi, prioritas utama Xiaomi tahun ini adalah meningkatkan penjualan perangkat kelas atas, seperti Mi 11 Ultra.”

Canalys mengatakan penjualan smartphone global tumbuh 12 persen pada kuartal terakhir. Namun, sebagian besar pertumbuhan yang didapat oleh perusahaan smartphone tidak dirasakan oleh Huawei. Padahal mereka pernah menyalip Apple pada 2019. Namun, pamor Huawei merosot sejak itu. Mereka juga dimusuhi pasar dunia akibat sanksi dan larangan perdagangan yang diberlakukan AS.

Sejauh ini, Xiaomi sepertinya akan menjadi penerima manfaat terbesar dan naik sebagai bintang utama dalam persaingan para perusahaan pembuat smartphone yang berasal dari Tiongkok.(*)

 

Related Articles
Tech
Kalah Bersaing dengan Brand Lain, LG Tutup Produksi Smartphone

Tech
Apple Patenkan Solusi untuk Charger yang Gampang Terkelupas. Seperti Apa Sih?

Tech
Xiaomi Rilis Konsep Earbud Nirkabel yang Bisa "Dimasukkan" ke Ponsel