Tech

Pemenang Lelang Tiba-Tiba Tunda Terbang Bersama Blue Origin. Kenapa Ya?

Jingga Irawan

Posted on July 16th 2021

Penawar anonim yang memenangkan lelang kursi senilai USD 28 juta (Rp 406,5 miliar) di penerbangan perdana dari roket New Shepard milik Blue Origin tiba-tiba menunda niatnya. Dilansir The Verge pada Jum’at (16/7), dia memilih Terbang pada misi New Shepard di masa depan karena “konflik penjadwalan.”

Sebagai gantinya, penumpang keempat yang akan naik dengan Jeff Bezos di roket suborbital perusahaan luar angkasanya pada Selasa 20 Juli 2021 nanti adalah seorang remaja asal Belanda bernama Oliver Daemen, Blue Origin mengungkapkan hal tersebut pada Kamis (15/7). Oliver Daemen adalah putra seorang bos ekuitas swasta Belanda.

Blue Origin mengatakan Daemen adalah pelanggan pertama yang membayar, tetapi tidak jelas berapa biaya tiket kursinya. Daemen adalah seorang mahasiswa fisika yang juga memegang lisensi pilot swasta. Ia merupakan putra CEO Somerset Capital Partners Joes Daemen.

"Kami tidak mengungkapkan harga yang harus dibayar," kata juru bicara Blue Origin menanggapi pertanyaan dari The Verge.

Selain tidak menyebutkan harga kursi untuk Daemen, tidak jelas apa "konflik penjadwalan" yang membuat penawar anonim sekaligus pemenang lelang menunda terbang pada debut penerbangan awak tersebut. Pasalnya, penawar telah diberitahu lebih dini selama lelang tentang tanggal peluncuran 20 Juli.

Pada 20 Juli nanti, Jeff Bezos, bersama saudaranya Mark Bezos, penerbang legendaris Wally Funk dan Oliver Daemen akan diluncurkan dari Van Horn, Texas. Mereka akan terbang sekitar 62 mil di atas permukaan Bumi untuk mencapai garis Kármán, batas yang diakui oleh Fédération Aéronautique Internationale sebagai tepi dari ruang angkasa.

Selama kira-kira tiga menit, mereka akan mengalami keadaan tanpa bobot, setelah itu kapsul akan jatuh kembali ke Bumi dan memperlambat penurunannya dengan parasut besar. Oliver Daemen, yang berusia 18 tahun, akan menjadi orang termuda yang pergi ke luar angkasa, sementara Wally Funk, berusia 82 tahun, akan menjadi yang tertua.

“Saya sangat bersemangat untuk pergi ke luar angkasa dan bergabung dengan mereka dalam penerbangan. Saya telah memimpikan ini sepanjang hidup saya, dan saya akan menjadi astronot termuda yang pernah ada, karena saya berusia 18 tahun,” kata Oliver Daemen dalam sebuah video yang diposting oleh Bright.

Meskipun ini adalah penerbangan berawak pertama ke luar angkasa yang dilakukan oleh Blue Origin, roket New Shepard telah berhasil uji coba terbang lebih dari sepuluh kali tanpa insiden. Perusahaan menerima persetujuan Administrasi Penerbangan Federal untuk menerbangkan penumpang pada seminggu sebelum peluncuran.

Penerbangan New Shepard dilakukan sembilan hari setelah miliarder pendiri Virgin Galactic Richard Branson terbang ke luar angkasa dari New Mexico dengan pesawat luar angkasa SpaceShipTwo  bersama tiga karyawan perusahaan lainnya.(*)

Related Articles
Tech
Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Tech
Sukses Luncurkan Inspiration4, SpaceX Kirim Warga Sipil ke Ruang Angkasa

Tech
Ikut Penerbangan Pertama Blue Origin, Jeff Bezos ke Luar Angkasa Bareng Adiknya