Entertainment

Red Guardian Punya Banyak Tato dalam ‘Black Widow’, Apa Saja sih Maknanya?

Jingga Irawan

Posted on July 15th 2021

Credit: Marvel

Red Guardian alias Alexei Shostakov adalah karakter baru yang diperkenalkan Marvel ke dalam MCU melalui Black Widow. Diperankan oleh David Harbour, Alexei bertindak sebagai ayah pengganti bagi Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) dan Yelena Belova (Florence Pugh).

Dalam Black Widow, Alexei yang dulu menjadi Red Guardian, semacam Captain America-nya Rusia, dijemput dari penjara Rusia oleh Romanoff dan Yelena demi mencari informasi tentang keberadaan Red Room. 

Setelah menghabiskan bertahun-tahun di penjara Rusia, tubuh Alexei dipenuhi tato. Kebanyakan dari tatonya mewakili hal-hal penting dalam hidupnya. Yakni negara, keluarga, dan dirinya sendiri. Apa saja artinya?

 

Karl Marx Dan Vladimir Lenin

Salah satu tato Alexei yang paling mencolok adalah kata-kata "Karl Marx" di jarinya. Ini adalah tiruan dari tato "Love-Hate" yang secara tradisional ditemukan di jari.

Karl Heinrich Marx adalah seorang filsuf, ahli teori politik, dan revolusioner sosial kelahiran Jerman. Marx menulis Manifesto Komunis dan menjadi bapak Marxisme, sebuah teori politik yang merupakan setengah dari praksis politik Uni Soviet.

Di perut kirinya, Alexei juga memiliki tato kepala Vladimir Lenin. Lenin adalah Perdana Menteri dan pendiri Partai Komunis Rusia. Menjadi pahlawan Uni Soviet, masuk akal apabila Red Guardian ingin memberi penghormatan kepada kedua pria ini.

Elang Berkepala Dua

Elang berkepala dua tampak di dada Alexei. Ini adalah simbol lain dari Rusia. Elang berkepala dua pernah menjadi bagian utama dari lambang Kekaisaran Rusia (Russian Empire). Meskipun penggunaannya telah dihentikan karena ada keterkaitan konflik dengan pemerintahan Tsar.

Seringkali, tato ini dipakai oleh para tahanan selama Era Soviet untuk menunjukkan kemarahan dan penghinaan terhadap rezim; jika Alexei mendapatkan tato ini di penjara setelah pengkhianatan Dreykov, masuk akal jika dia merasa kesal pada orang-orang yang memenjarakannya. Simbol ini juga dapat dilihat pada perisai Red Guardian di komik.

Natasha dan Yelena

Di lengannya, Alexei memiliki tato dua mawar. Di bawah bunga tersebut dua nama dalam aksara Cyrillic; Hаташа dan Enена, yang diterjemahkan menjadi Natasha dan Yelena.

Bertahun-tahun kemudian dalam Black Widow, jelas bahwa Alexei masih membawa kasih sayang untuk anak-anaknya. Hal ini semakin ditonjolkan saat dia mengingat lagu favorit Yelena dan upaya pengakuannya kepada Natasha.

Parapet

Melihat lebih dekat pada tato elang Alexei, ada tambahan yang mencolok. Menurut David Harbour  parapet ditambahkan untuk mengurangi kemiripan dengan elang milik Nazi.

Parapet menara digunakan untuk mewakili jumlah waktu yang dihabiskan pemakainya di penjara. Semakin banyak kubah yang dimiliki katedral, semakin banyak waktu yang mereka habiskan di penjara. Dengan puluhan tahun penjara, tato katedral Alexei tentu tampak lebih rumit.

Mata

Salah satu tato Alexei yang lebih sederhana adalah sepasang mata yang dapat ditemukan di dadanya. Mata adalah tato penjara Rusia umum lainnya yang berarti bahwa pemakainya "mengawasi kamu."

Meskipun biasanya dimaksudkan untuk menyiratkan pemakainya mengawasi sesama narapidana, mungkin itu adalah tato lain yang didedikasikan untuk keluarga palsunya, sebuah janji untuk selalu mengawasi mereka.

Jelas Alexei masih mengikuti karir anak-anaknya dari penjara, saat dia menceritakan kesuksesan Yelena sebagai seorang pembunuh dan karir Natasha sebagai Black Widow dengan Avengers.

Tato Penjara

Banyak tato Alexei yang umum di kalangan tahanan. Tato jaring laba-laba di siku adalah simbol tradisional seseorang yang telah menghabiskan waktu di penjara. Ini sering digunakan untuk mewakili perasaan terjebak atau terjerat dalam sistem penjara. Meskipun memiliki sejarah yang rumit dengan kelompok supremasi kulit putih, tak ada bukti bahwa Alexei termasuk dalam kelompok-kelompok ini selama berada di penjara.

Banyak tato penjara Rusia digunakan untuk menunjukkan peringkat kriminal pemakainya. Bintang berujung delapan yang ditemukan di bahu Alexei digunakan untuk menunjukkan statusnya sebagai penjahat tingkat tinggi. Siluet burung di lengan kirinya bisa menjadi indikasi kerinduan akan kebebasan, sementara kalajengking di bahu kanannya memberi tahu tahanan lain bahwa dia bukan orang yang bisa diganggu.

Red Guardian

Jika ada sesuatu yang Alexei cintai selain negara dan keluarganya, itu adalah dirinya sendiri. Hari-hari kejayaannya sebagai Red Guardian adalah yang membantunya melewati puluhan tahun di penjara, dan setelah melarikan diri, salah satu keinginan pertamanya adalah kembali ke seragam lamanya.

Ketika salah satu rekan narapidana menyebut ceritanya tentang melawan Captain America sebagai kebohongan, Alexei mematahkan pergelangan tangannya. Jadi tidak mengherankan jika Alexei memiliki tato Red Guardian dan namanya sendiri. Tato Red Guardian adalah bagian besar yang menutupi seluruh punggungnya dan merupakan tato yang dia ukir selama adegan gulat lengannya.(*)

Related Articles
Entertainment
David Harbour Tak Akan Kembali Perankan Red Guardian dalam Waktu Dekat

Entertainment
Simu Liu Sempat Ragu Marvel Tak Selesaikan ‘Shang-Chi’ Tepat Waktu

Entertainment
‘Black Widow’ Jadi Batu Loncatan Marvel Cinematic Universe: Penjelasan Ending!