Tech

Punya SpaceX, Elon Musk Malah Beli Tiket Tur Antariksa Virgin Galactic

Orang Kaya Mah Bebas...

Jingga Irawan

Posted on July 13th 2021

Credit: The Verge

Memiliki bisnis penerbangan luar angkasa sendiri bukan berarti tak boleh merasakan penerbangan luar angkasa milik perusahaan lain. Dilansir dri The Verge pada Selasa (13/7), CEO dan pendiri SpaceX Elon Musk justru membeli tiket tur ke luar angkasa dari Virgin Galactic milik Richard Branson yang baru saja sukses melakukan uji penerbangan komersial perdananya.

Seorang sumber anonim mengatakan pada The Verge bahwa Elon telah memiliki tiket Virgin Galactic sebelum penerbangan Richard Branson ke luar angkasa pada Minggu (11/7). Hal ini menandakan bahwa Elon menjadi salah satu dari 600 calon penumpang SpaceShipTwo lainnya yang telah membayar USD 250.000 atau sekitar Rp 3,6 Miliar per kursi.

Menurut The Verge, tiket tersebut merupakan cerminan yang nyata dari persahabatan dua miliader itu. Sementara, perusahaan luar angkasa top lainnya yang didirikan oleh Jeff Bezos, Blue Origin, menjadi saingan bagi Richard Branson dan Elon Musk.

Penerbangan Richard Branson menggunakan pesawat luar angkasa SpaceShipTwo ditayangkan live dipandu Stephen Colbert dan disusul dengan penampilan Khalid. Setelah peluncuran di udara yang sukses, Branson dan tiga kru Virgin Galactic lainnya melayang tanpa beban selama beberapa menit di sekitar kabin pesawat ruang angkasa sebelum kembali ke bumi.

Perbedaan Bidang Bisnis Luar Angkasa

SpaceX milik Elon sebagian besar berfokus pada kontrak pemerintah untuk mengangkut astronot dan kargo ke luar angkasa, tetapi misi astronot pribadi pertamanya akan dimulai pada September. Misi itu akan menjadi perjalanan yang lebih lama dan jauh lebih mahal ke orbit, tidak hanya beberapa menit di atas tepi atmosfer Bumi seperti Virgin Galactic.

Elon Musk dan Branson adalah teman baik. Elon, yang juga menjabat sebagai CEO Tesla, menyaksikan Richard Branson lepas landas secara langsung dari Spaceport America pada peluncurannya kemarin.

 "Terima kasih telah menjadi sangat mendukung dan teman yang baik, Elon," tweet Branson sebelum penerbangan. Richard Branson menghabiskan pagi sebelum fajar sebelum lepas landas dengan Musk.

SpaceShipTwo adalah pesawat roket tunggal yang akan menjadi pusat bisnis pariwisata ruang angkasa Virgin Galactic yang baru lahir. Setiap tiket untuk salah satu dari enam kursi pesawat dijual dengan harga sekitar USD 250.000, dan perusahaan telah memiliki lebih dari 600 calon penumpang sejauh ini, termasuk selebriti seperti Justin Bieber dan Leonardo DiCaprio. (*)

Related Articles
Tech
Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Tech
Ingin Mengangkasa? Virgin Galactic Kembali Jual Tiket Rp 6 Miliar Per Kursi

Tech
Blue Origin Protes Kontrak NASA Senilai USD 2,9 Miliar dengan SpaceX