Current Issues

Vaksin mRNA Moderna Tiba di Indonesia, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas Penerima

Dwiwa

Posted on July 12th 2021

(REUTERS/Mike Segar)

Salah satu vaksin berbasis mRNA, Moderna, akhirnya tiba di Indonesia pada Minggu (11/7). Kedatangan vaksin pemberian dari Amerika Serikat ini rencananya akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai booster.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seperti dilansir dari situs resmi Kemkes.go.id.

Meski diprioritaskan sebagai vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga kesehatan, tetapi vaksin ini juga bisa diberikan sebagai suntikan pertama dan kedua bagi masyarakat umum. Saat ini, sudah ada 3.000.060 dosis vaksin Moderna dari total 4.500.160 dosis yang diberikan oleh Amerika Serikat. Sisanya akan dikirmkan pada tahap berikutnya.

Vaksin berbasis mRNA ini didapat dari hasil kerjasama internasional dengan pemerintah Amerika Serikat lewat jalur multilateral COVAX Facility. Mekanisme berbagi dosis ini merupakan bagian dari mekanisme multilateral untuk memastikan akses setara terhadap vaksin untuk semua negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan jika vaksin berbasis mRNA tersebut juga telah mengantongi izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada 2 Juli 2021.

Secara total, kehadiran vaksin Moderna ini membuat Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin Covid-19. Itu termasuk vaksin jadi dan vaksin curah. Selain itu, sejumlah negara sahabat lain juga berencana memberikan bantuan vaksin Covid-19.

“Kini Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan dari beberapa negara antara lain Jepang akan mengirimkan tahap kedua vaksin AstraZeneca. Kemudian tawaean serupa datang dari Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab,” jelas Retno.

Pada Juli ini, jutaan vaksin dari jalur pengadaan komersial maupun dukungan internasional dan bilateral juga direncanakan tiba di Indonesia. Tidak hanya vaksin, sejumlah negara juga menawarkan bantuan lain seperti ventilator, oksigen, obat-obatan, dan peralatan medis. (*)

Related Articles
Current Issues
Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat Diperkirakan Selamatkan Hampir 280.000 Nyawa

Current Issues
PAHO: Negara Maju Harus Berbagi Vaksin. Jika Tidak, Covid-19 Susah Dikendalikan

Current Issues
Waduh, Cuma 50 Persen Warga Amerika Serikat yang Mau Divaksin