Entertainment

Eddie Redmayne Bakal Bintangi Film Tentang Cambridge Analytica Terbaru

Jingga Irawan

Posted on July 12th 2021

Credit: Screenrant

Skandal penyalahgunaan data oleh Facebook dan Cambridge Analytica akan difilmkan kembali. Dilansir Screenrant pada Senin (12/7), Eddie Redmayne dilaporkan akan membintangi film tersebut. Dia berperan sebagai Christoper Wylie. Kali ini, produser kenamaan Hollywood Russo Brothers berada di balik film itu.

Christoper Wylie adalah ahli data asal Kanada yang bekerja di Cambridge Analytica, sebuah lembaga konsultan politik yang disewa penasihat Donald Trump, Steve Bannon, untuk memenangkan pemilu AS.

Pada 2018, Wylie secara mengejutkan merilis dokumen ke surat kabar Inggris The Guardian yang mengungkapkan dugaan kepemilikan tidak sah Cambridge Analytica atas data pribadi 87 juta pengguna Facebook.

Data tersebut digunakan Cambridge Analytica untuk kampanye digital yang menargetkan pengguna dalam pemilu AS tahun 2016. Rencananya, artikel The Guardian itu akan menjadi dasar penceritaan untuk film.

Sosok asli Christoper Wylie. Credit: Times

Eddie Redmayne merupakan salah satu aktor yang dikenal memiliki pengalaman dalam memainkan peran otobiografi. Eddie mendapat pujian luas dalam perannya di The Theory of Everything dan The Danish Girl. Aktor tersebut juga muncul sebagai Tom Hayden dalam drama hukum The Trial of the Chicago 7 karya Aaron Sorkin.

Menurut Screenrant, film Cambridge Analytica yang dibuat untuk AGBO Films tersebut masih belum memiliki judul. Sementara itu, naskah filmnya akan ditulis oleh penulis Avengers: Endgame, Christopher Markus dan Stephen McFeely, dengan pemenang Oscar Peter Farrelly masih dalam tahap diskusi untuk mengarahkan filmnya.

Netflix sebenarnya telah memfilmkan kasus Cambridge Analytica dalam sebuah fitur dokumenter berjudul The Great Hack pada 2019. Saat itu, Christoper Wylie ditemani oleh karyawan lainnya, Britanny Kaiser, yang juga mengungkap kecurangan perusahaan memanfaatkan data pengguna Facebook untuk kepentingan bisnis. (*)

Related Articles
Current Issues
Sederet Perusahaan Boikot Iklan di Facebook, Mark Zuckerberg Rugi Besar

Current Issues
Setelah Terus Dikritik, Facebook Bakal Cabut Perlakuan Khusus ke Politisi

Entertainment
5 Film Award-Winning yang Bisa Kamu Tonton di Netflix Indonesia!