Current Issues

Vaksin Covid-19 Berbayar Mulai Tersedia Besok, Berikut Harga dan Lokasinya

Dwiwa

Posted on July 11th 2021

Ada yang masih belum kebagian jatah vaksin Covid-19? Tenang, kalian tidak perlu khawatir harus menunggu lama. Pasalnya, Kimia Farma berencana membuka klinik Vaksinasi Gotong Royong (VGR) individu secara resmi pada Senin (12/7) esok.

Dilansir dari CNBC, dalam tahap awal ini baru akan ada 8 klinik di 6 kota yang memberikan layanan vaksinasi berbayar ini. Selian itu, masing-masing dari klinik tersebut juga memiliki kuota harian yang terbatas.

Misalnya di Jakarta KF Senen dan Jakarta KF Pulogadung kapasitasnya 200 orang per hari. Kemudian di Jakarta KF Blok M kapasitasnya 100-200 orang per hari. Di Bandung KF Supratman (Drive Thru) kapasitasnya 200 orang per hari.

Sementara itu di Semarang KF Citarum dan Bali KF Batubulan kapasitasnya 100 orang per hari. Lalu di Solo KF Sukoharjo 500 orang per hari serta di Surabaya KF Sedati kapasitasnya mencapai 200 orang per hari.

Pembukaan klinik VGR ini dibuka dengan mempertimbangkan sejumlah hasil riset dari beberapa lembaga terkait permintaan vaksinasi. Lembaga-lembaga tersebut mencatat ada banyak permintaan dari kelompok masyarakat yang menginginkan vaksinasi individu supaya dapat mendapat perlindungan segera.

Menurut Wakil Menteri BUMN Pahala N. Masury, VGR ini akan membantu kekebalan kawanan (herd immunity) terbentuk dengan lebih cepat. Dengan begitu, pemulihan ekonomi nasional juga bisa dipercepat.

“Kimia Farma sebagai bagian dari holding BUMN Farmasi berkomitmen untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan maupun individu,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen, Sabtu (10/7/2021).

Lalu berapa sih harga vaksinasi Covid-19 berbayar ini? Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi, harga dosis penuh vaksin sinopharm ini sekitar Rp 879.140,-. Harga ini sudah meliputi dua dosis vaksin Covid-19 dan tarif pelayanan.  Secara rinci, harga satu dosis vaksin ditetapkan Rp 321.660,- sedangkan biaya pelayanan sebesar Rp 117.910,- untuk setiap dosis.

Cukup mahal juga ya untuk bisa mendapat dua dosis vaksin Covid-19. Nah, jika kalian memiliki dompet cukup tebal dan ingin segera mendapat vaksin, bisa nih mencoba vaksinasi berbayar. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Vaksinasi Gotong Royong Individu dari Kimia Farma Ditunda, Kenapa ya?

Current Issues
Mau Coba Vaksin Covid-19 Berbayar di Klinik Kimia Farma? Begini Cara Daftarnya

Current Issues
Program Vaksinasi Gotong Royong Bakal Dimulai 17 Mei, Siapa yang Akan Dapat?