Entertainment

‘Black Widow’ Jadi Batu Loncatan Marvel Cinematic Universe: Penjelasan Ending!

Jingga Irawan

Posted on July 10th 2021

Ramalan bahwa Black Widow sudah kehilangan hype tak sepenuhnya salah. Kemungkinan, ini disebabkan oleh tingkah Marvel Studios yang getol merilis seribu cuplikan tapi tak kunjung menayangkan filmnya. Di sisi lain, banyak penggemar Marvel Cinematic Universe mungkin sudah tahu akhir filmnya. So, dikisahkan seperti apa pun, Natasha Romanoff memang sudah tiada.

Setelah beberapa kali tunda rilis karena Pandemi Covid-19, penggemar Marvel akhirnya bisa nonton aksi Scarlett Johansson dalam Black Widow. Film garapan Cate Shortland itu mulai tayang di bioskop pada 9 Juli 2021. Tapi, buat kalian yang tinggal di wilayah PPKM nggak perlu sedih, karena Marvel Studios juga menyediakan akses nonton streaming di Disney+ Hotstar Premier.

Terlepas dari keterlambatan rilis dan akhir yang sudah bisa ditebak, Marvel Studios tak pernah kehilangan daya tariknya. Penceritaan plot yang rapi dan teknik pengambilan gambar yang sempurna masih membuat penggemarnya jatuh cinta. Dalam durasi film 120 menit, sutradara Cate mampu melakukan pengembangan karakter secara maksimal.

Kisah Black Widow terjadi pasca kejadian Captain America: Civil War (2016). Saat itu, Romanoff memang sedang dalam pelarian dari Jenderal Thaddeus Ross (William Hurt) ke Norwegia karena melanggar Sokovia Accords. Ketika menjalani kehidupan yang tenang, Romanoff dikejutkan dengan kemunculan Taskmaster, yang awalnya ia kira merupakan orang suruhan Ross, namun dugaannya itu salah. Pertemuan Romanoff dengan Taskmaster justru mengantarkan peperangan dengan Jenderal Dreykov.

Black Widow tampaknya memang dibuat sebagai penghormatan bagi Romanoff. Lebih-lebih fitur action tersebut melempar penonton jauh ke dalam masa lalunya. Sejauh ini, yang diketahui penggemar mungkin terbatas pada sosok Romanoff yang pernah menjadi bagian dari Red Room dan misinya bersama Clint Barton (Jeremy Renner) di Budapest. Nah, di film solonya kali ini semua detail misteri akhirnya terungkap.

Selain berfungsi sebagai penghormatan Romanoff dan pengungkapan misteri masa lalunya, hal penting lainnya adalah Black Widow sepertinya menjadi “batu loncatan” bagi Marvel Studios untuk menciptakan banyak petualangan hingga musuh baru.

Dalam credit scene Black Widow, kita melihat Yelena (Florence Pugh) mengunjungi kuburan beberapa saat setelah peristiwa film solo ini. Kalian mungkin bisa melihat ia berada di makam Romanoff, menandakan bahwa Natasha benar-benar mati selama peristiwa Avengers: Endgame dan dia tetap mati.

Namun kemudian sosok yang mengejutkan juga muncul di kuburan dan pura-pura menangis, yakni Valentina Allegra de Fontaine alias “Val” (Julia Louis-Dreyfus). Yelena kemudian memberi tahu Val bahwa dia sedang berlibur dan tidak melakukan pekerjaan saat ini.

Yelena dan Val memang telah bekerja sama selama beberapa waktu di lokasi yang tak diketahui. Bahkan, Yelena mengatakan dia ingin naik gaji atas pekerjaannya, begitu pun juga Val, mendadakan bahwa mereka bekerja dalam organisasi di mana Val bukan pemegang jabatan paling tinggi. Sepertinya, organisasi tersebut masih seputar jasa pembunuh bayaran.

Val mengatakan dia datang karena dia tahu bahwa Yelena sangat menginginkan misi ini karena berkaitan dengan orang yang bertanggung jawab atas kematian Natasha, yakni Clint Barton, membuat konfrontasi antara saudara perempuan Natasha dan persahabatan.

Tentu saja, kalian sebagai penggemar MCU tahu bahwa Clint tak bertanggung jawab atas kematian Natasha saat dia mencoba mengorbankan dirinya untuk mendapatkan Soul Stone, tetapi dia berhasil mengalahkannya. Dan Mainmain yakin bahwa Val juga mengetahui hal tersebut. Karena sejauh ini, ia tampaknya menyiapkan versi gelapnya sendiri dari The Avengers. Dia sudah memiliki Captain America-nya yakni U.S Agent dan sekarang dia punya Black Widow versi Yelena.

Tampaknya, credit scene ini berfungsi sebagai petunjuk untuk panggung Yelena di serial Disney+ Hawkeye. Pasalnya, Florence Pugh dilaporkan akan main bareng Jeremy Renner dan Hailee Steinfeld di serial tersebut.

Sebenarnya, debut Valentina di Black Widow menjadi pembukaan nyata untuk MCU Phase 4. Namun, karena penayangannya tertunda, kemunculan Val tampaknya terlambat. Wanita yang diklaim memiliki hubungan romantis dengan Nick Fury itu juga terlihat dalam The Falcon and The Winter Soldier. Di sana, ia menemui John Walker dan mengajaknya bergabung, sekaligus memberinya nama U.S Agent.

Pertanyaan yang lebih besar dari credit scene ini adalah seberapa jauh Val dalam usahanya untuk mengumpulkan Dark Avengers? Apakah Yelena benar-benar akan membunuh Barton atau akankah dia berhasil menjelaskan bahwa dia ingin mengorbankan dirinya dan menyelamatkan Natasha? Hmmm.. jawabannya hanya bisa dilihat di fitur Marvel mendatang gengs.(*)

Related Articles
Entertainment
Robert Downey Jr. Tepis Kabar jadi Cameo di Film 'Black Widow'

Entertainment
Marvel Suskses Rahasiakan Identitas Taskmaster Selama Pembuatan ‘Black Widow’

Entertainment
Red Guardian Punya Banyak Tato dalam ‘Black Widow’, Apa Saja sih Maknanya?