Current Issues

Vaksin Covid-19 di Amerika Serikat Diperkirakan Selamatkan Hampir 280.000 Nyawa

Dwiwa

Posted on July 9th 2021

Vaksinasi Covid-19 telah terbukti memberikan perlindungan terhadap infeksi virus SARS-Cov-2. Selain dari hasil uji klinis maupun dunia nyata, para peneliti di Yale University dan Commonwealth Fund memperkirakan ada ratusan ribu nyawa dan mencegah lebih dari satu juta rawat inap di Amerika Serikat.

Dilansir dari CNN, para peneliti membandingkan tren aktual dalam kasus Covid-19, rawat inap, dan kematian dengan model lintasan tren tersebut jika tidak ada vaksinasi.

Pada akhir Juni, para peneliti memperkirakan bahwa akan ada sekitar 279 ribu kematian tambahan akibat Covid-19, sekitar 46 persen lebih banyak dari yang ada. Selain itu, akan ada 1,25 juta rawat inap tambahan jika tidak ada vaksinasi.

Dan jika perkembangan vaksinasi hanya setengah dari kecepatan yang saat ini mereka lakukan, sekitar lebih dari 121 ribu orang akan meninggal dan lebih dari 450 ribu dirawat di rumah sakit.

“Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa strategi pemerintah bekerja dan telah mencegah tragedi dan gangguan lebih lanjut yang signifikan terhadap kehidupan dan mata pencaharian orang Amerika,” ujar Direktur Respons Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients.

Model penelitian ini mempertimbangkan sejumlah faktor. Termasuk prevalensi dan penularan varian baru, tingkan kemanjuran vaksin, pola mobilitas yang mendorong kontak harian dan risiko spesifik usia terhadap dampak kesehatan yang parah akibat Covid-19.

Menurut para peneliti, sebagian besar kematian tambahan yang muncul disebabkan oleh kenaikan dan penyebaran varian Alpha yang lebih menular. Varian yang pertama diidentifikasi di Inggris ini telah menjadi strain dominan di AS pada musim semi.

Tanpa vaksinasi, para peneliti memperkirakan akan ada lonjakan pada musim semi dengan hampir 4.500 kematian setiap hari. Bahkan melebihi puncak pada Januari lalu yang mencapai 3.400 kematian.

Para peneliti membandingkan model mereka dengan tren aktual antara pertengahan Desember 2020 – saat vaksinasi AS dimulai – dan akhir Juni 2021. Namun, model tersebut disimulasikan menggunakan data hingga Oktober 2020 untuk menyeimbangkan tingkat insiden yang lebih rendah dengan lonjakan pada musim dingin.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit AS, hampir 48 persen dari populasi Amerika Serikat atau sekitar 156 juta orang telah divaksinasi sepenuhnya. Selama seminggu terakhir, rata-rata sekitar 432.000 orang mendapatkan vaksinasi lengkap setiap hari, turun sekitar 76 persen dari kecepatan puncak hampir 1,8 juta orang setiap hari pada pertengahan April.

Nah, jadi, ada yang masih ragu untuk divaksinasi? (*)

Artikel Terkait
Current Issues
CDC Sebut Orang yang Sudah Divaksinasi Penuh Bisa Bebas Melakukan Hal Ini

Current Issues
CDC: Orang Amerika yang Sudah Divaksin Boleh Keluar Tanpa Pakai Masker

Current Issues
AS Hanya Izinkan Penerima Vaksin Covid-19 Jenis Ini Masuk ke Negaranya