Tech

Bos Twitter Bakal Bikin ‘Dompet’ Fisik Khusus untuk Bitcoin

Jingga Irawan

Posted on July 9th 2021

credit: The Verge

Perusahaan layanan pembayaran digital milik Jack Dorsey, Square, akan membuat hardware wallet, dompet crypto dalam bentuk fisik, sebagaimana dilansir The Verge pada Jum’at (9/7). Jack Dorsey yang menjabat sebagai CEO Twitter itu mengumumkan hal tersebut melalui tweet terbarunya.

Juni lalu, Jack Dorsey memang mengatakan bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan membuat hardware wallet untuk Bitcoin. Dan sekarang, Square akan segera mewujudkannya.

“Kami telah memutuskan untuk membuat hardware wallet dan layanan untuk membuat penyimpanan Bitcoin lebih utama. Kami akan terus bertanya dan menjawab pertanyaan secara terbuka. Tanggapan komunitas ini terhadap utas kami tentang proyek ini sangat luar biasa...,” kata Jesse Dorogusker, pemimpin divisi perangkat keras Square sekaligus orang kepercayaan Jack Dorsey.

Mengutip BTC Direct, dompet penyimpanan pada dasarnya mirip dengan rekening bank digital. Dengan alat ini pengguna dapat mengirim, menerima, dan mengelola cryptocurrency.

Namun perlu diingat bahwa hardware wallet bukan dompet online, melainkan dompet fisik. Benda ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, sebagian mirip dengan flashdisk.

Penampakan hardware wallet keluaran Ledger

Hardware wallet adalah salah satu metode teraman untuk menyimpan cryptocurrency. Saat menggunakan dompet berbasis perangkat keras ini, akses ke koin digital yang dimiliki pengguna dienkripsi oleh perangkat. Sehingga membuat penyimpanannya lebih aman daripada dompet online

Saat menggunakan aplikasi/dompet online, akses ke dompet akan disimpan secara online. Jika situs web seperti btc.com diretas, ada risiko pemilik kehilangan koin mereka. Namun jika kalian menggunakan hardware wallet risiko tersebut tak akan terjadi, karena aksesnya menggunakan penyimpanan offline.

Selain itu, hardware wallet dilindungi dari penggunaan yang tidak sah dengan PIN tambahan. Jika dompet dicuri atau hilang, tidak ada yang dapat mengakses koin tanpa PIN. Dengan seed cadangan, pengguna dapat mendapatkan kembali akses ke cryptocurrency.

Mungkin, keinginan Jack Dorsey membuat hardware wallet juga didorong oleh keamanan penyimpanan crypto. Lebih-lebih, Jack merupakan penggemar crypto. Tak hanya Elon Musk, bio Twitter milik Jack juga menyematkan tagar #Bitcoin. Bahkan, secara terang-terangan Jack mengaku dia akan fokus mengerjakan Bitcoin jika dia tidak bekerja di Square dan Twitter.

Hardware Wallet ini bukan menjadi produk pertama yang berfokus pada cryptocurrency yang dikembangkan Square. Penggemar cryptocurrency sudah dapat membeli dan menjual Bitcoin dari Square Cash App. (*)

 

Related Articles
Tech
Walmart Cari Ahli Cryptocurrency, Kode Bakal Terima Pembayaran Pakai Kripto?

Tech
Jaringan Bioskop AS AMC Theaters Akan Terima Bitcoin untuk Pembayaran Tiket Film

Tech
Dilarang Pemerintah, Penambang Bitcoin Tiongkok Bakal Pindah ke Amerika Utara