Entertainment

Finneas Jadi Penulis Lagu Nomor Satu di Spotify, Kalahkan Billie Eilish

Mengalahkan adik sendiri hingga Ed Sheeran.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 8th 2021

(Foto: Luke Fenstemaker)

Finneas terpilih sebagai penulis lagu nomor satu di Spotify untuk tahun 2020. Artis tersebut bahkan merebut posisi teratas untuk dua kategori sekaligus, Artist Songwriters dan Non-Artist Songwriters, mengalahkan sederet nama besar yang aktif di dunia musik.

Pencapaian bergengsi tersebut didapat Finneas berdasarkan data yang diolah oleh platform Blokur. Data selengkapnya mengenai penulis lagu baru akan dirilis minggu depan.

Dilansir dari Music Bussiness Worldwide, data yang diolah mengambil dari beberapa faktor, salah satunya pencapaian tangga lagu dan persentase kredit penulis lagu tersebut dalam sebuah lagu. Dari semua data itu, Finneas berhasil jadi penulis lagu yang berkontribusi di sederet lagu hits.

Terdapat dua kategori dalam pencapaian ini. Untuk penulis lagu sekaligus artis aktif, Finneas menempati posisi teratas, disusul oleh XXXTentacion, Billie Eilish, Juice WRLD, dan Ed Sheeran. Untuk kategori Non-Artist Songwriters, Finneas juga menempati posisi nomor satu, disusul oleh Thomas Hull, Oz, Nick Mira, dan John Cunningham.

Pencapaian musisi kelahiran 23 tahun lalu ini sebenarnya enggak terlalu mengherankan. Ia telah menjadi penulis lagu untuk 50% lagu sang adik, Billie Eilish, yang tentunya meledak banget di pasaran. Gak cuma itu, Finneas juga terlibat dengan artis-artis seperti Demi Lovato, Halsey, Justin Bieber, Girl In Red, Celeste, Justin Bieber, Kid Cudi, hingga Selena Gomez.

Untuk Thomas Hull, ia telah menulis lagu buat Harry Styles. Oz juga telah terlibat dalam lagu milik Drake. Penulis lagu top semua nih.

Selain aktif menulis lagu buat orang lain, Finneas juga punya sederet karya solo yang banyak disukai. Ia telah meluncurkan album bertajuk Blood Harmony pada tahun 2019 dan masih terus merilis lagu baru hingga saat ini. Nggak jarang artis satu ini menyiratkan pesan menohok buat keadaan dunia melalui lagu-lagunya, seperti di Can’t Wait To Be Dead dan Where The Poison Is.

Di luar itu, Finneas juga terlibat dalam album baru Billie Eilish, Happier Than Ever, yang akan rilis pada 31 Juli mendatang. Ia juga telah merilis lagu manis Til Forever Falls Apart dan American Cliché. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Finneas Ungkap Album Billie Eilish ‘Happier Than Ever’ Berawal dari Gitar Mainan

Entertainment
Billie Eilish Rilis Album ‘Happier Than Ever’, Hadirkan Vibes yang Beda Banget!

Entertainment
Billie Eilish Jadi Animasi Disney dalam Trailer Film Konser ‘Happier Than Ever’