Sport

Tokyo Akan Umumkan Keadaan Darurat, Olimpiade Kemungkinan Tanpa Penonton

Dwiwa

Posted on July 8th 2021

Penyelenggaraan Tokyo Olimpiade 2020 tampaknya akan sepi penonton. Pasalnya, menurut laporan harian Asahi, penyelenggara Olimpiade akan melarang semua penonton hadir selama acara berlangsung. Keputusan itu dibuat karena saat ini Jepang tengah bersiap mengumumkan keadaan darurat -termasuk untuk Tokyo- guna menekan penyebaran Covid-19.

Dilansir Reuters, laporan tersebut mengatakan jika seluruh pihak terkait akan rapat Kamis malam untuk menentukan keberadaan penonton dalam Olimpiade. Pembicaraan itu akan dipimpin Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, yang tiba di Tokyo pada Kamis. 

Sejak lama para ahli medis telah mengatakan bahwa ketiadaan penonton di Olimpiade adalah pilihan paling tidak berisiko. Apalagi, publik tengah dalam kekhawatiran tinggi karena masuknya ribuan atlet dan ofisial yang berpotensi memicu gelombang infeksi baru.

Sebelumnya, penyelenggara telah melarang penonton luar negeri untuk hadir pada pesta olahraga yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 tahun lalu. Penonton domestik pun sudah dibatasi dengan kapasitas 50 persen hingga 10 ribu orang.

Penonton yang ingin mendukung atlet telah diberitahu untuk melakukannya dengan bertepuk tangan dan tidak bersorak atau bernyanyi. Situs tontonan publik juga telah dibatalkan.

Meski Jepang belum mengalami ledakan Covid-19 seperti banyak negara lain, tetapi kasus virus corona di sana telah melebihi angka 810 ribu dan 14.900 kematian.

Peluncuran vaksinasi yang lambat membuat hanya sekitar seperempat populasi Jepang yang setidaknya memiliki satu suntikan vaksin Covid-19.

Sementara itu, pemberlakuan keadaan darurat baru di Tokyo terjadi setelah infeksi harian di wilayah tersebut naik menjadi 920 pada Rabu. Ini merupakan level tertinggi sejak pertengahan Mei.

Menteri ekonomi Jepang Yasuthosi Nishimura, yang mengepalai respon pemerintah terhadap virus corona, mengatakan pembatasan baru akan dimulai pada 12 Juli dan berlangsung hingga 22 Agustus.

Olimpiade Tokyo 2020 sendiri seharusnya dilaksanakan tahun lalu. Tetapi akibat pandemi, pesta olahraga dunia ini terpaksa harus diundur. Rencananya, Olimpiade akan dilaksanakan pada 23 Juli sampai 8 Agustus mendatang. (*)

Related Articles
Sport
Kasus Covid-19 Melonjak, Estafet Obor Olimpiade di Osaka Tak Lalui Jalan Umum

Sport
Florida Ajukan Diri Gantikan Tokyo Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2021

Sport
Komite Olimpiade Internasional : Olimpiade Tokyo Tetap Diadakan Pada 2021