Tech

TikTok Uji Coba Fitur Shoutout, Bisa Bayar Kreator buat Bikin Video Eksklusif

Misal ada fan yang pengin punya video spesial, bisa nih pakai ini.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 8th 2021

Mengandung gambar dari TikTok @daria_okhrimenko/Buzzfeed

TikTok lagi menguji fitur baru bernama Shoutout. Fitur ini bakal memungkinkan setiap pengguna membayar kreator untuk membuat sebuah video eksklusif, seperti ucapan ulang tahun atau motivasi.

Dilansir dari Buzzfeed, fitur ini baru muncul untuk pengguna Turki dan Dubai. Bakal muncul tulisan “TikTok Shoutouts” di profil kreator tertentu. Ketika diklik, bakal muncul rate harga dan rating beserta deskripsi.

(Gambar: TikTok @daria_okhrimenko/Buzzfeed)

Rate per video ini dimulai dari USD 35-500 (sekitar Rp509 ribu hingga Rp7,2 juta). Kreator dapat penghasilan tambahan, TikTok juga kemungkinan akan ambil bagian, seseorang bisa dapat konten eksklusif dari kreator favorit.

Arahan buat menggunakan fitur ini simpel. Kita tinggal bayar rate yang tertera dengan koin TikTok dan tulis detail video yang diinginkan. Kreator bisa memilih untuk menerima atau menolak tawaran dalam waktu tiga hari.

(Gambar: TikTok @daria_okhrimenko/Buzzfeed)

Setelah video dibuat oleh sang kreator, video tersebut akan ditinjau oleh tim TikTok untuk memastikannya tidak mengandung konten yang tidak pantas. Proses ini bisa makan waktu hingga seminggu. Nah, nantinya video yang sudah lulus review bakal dikirim lewat direct message deh.

Fitur Shoutout ini sebenarnya sudah dimiliki oleh sebuah aplikasi bernama Cameo. Mungkin kalau di Indonesia masih kurang familiar, tapi cara kerja aplikasi ini mirip banget sama fitur baru TikTok itu. Kita bisa bayar sejumlah uang buat mendapatkan konten eksklusif. Dilansir dari Engadget, di tahun 2020 sudah ada 1,3 juta video yang dibuat kreator Cameo.

Belum jelas apakah fitur ini bakal dirilis secara global atau tidak. Kalau dimanfaatkan dengan benar, Shoutout bakal membantu banget buat para artis atau kreator yang pemasukannya terdampak karena pandemi. Bisa tuh buat video bernyanyi atau perform eksklusif buat fans. Asal nggak dipakai buat menjual konten yang enggak-enggak aja.

Di luar itu, TikTok juga sedang menyiapkan fitur Jump agar kreatot gak ribet lagi mencantumkan sederet tautan di bio. Aplikasi video singkat ini juga akan merambah ke dunia radio dengan kerja samanya bareng SiriusXM dan Pandora. (*)

 

Related Articles
Tech
TikTok Uji Coba Fitur Q&A, Tempat Kreator Jawab Pertanyaan dalam Teks atau Video

Interest
Tiga TikToker Melawan, Pemblokiran Tahap Dua di AS Ditunda

Entertainment
7 Lagu Seleb TikTok yang Worth Listening, Mulai dari jxdn Sampai Loren Gray