Tech

TikTok AS Buka Kesempatan Melamar Pekerjaan Pakai Resume Berbasis Video

Jingga Irawan

Posted on July 8th 2021


Ryan Aydogan/Getty Jmages

Di dunia yang serba digital sekarang ini, semua harus beradaptasi agar tak ketinggalan zaman. Termasuk dunia kerja. Nah, TikTok memanfaatkan peluang tersebut. Dilansir Reuters pada Kamis (8/7), TikTok meluncurkan program percontohan yang memungkinkan pengguna mengunggah resume dirinya dalam bentuk video untuk melamar pekerjaan. 

Digunakan secara luas oleh Gen Z dan milenial, platform ini akan mengizinkan pengguna melamar pekerjaan tingkat pemula hingga ke posisi yang lebih tinggi. Mereka ditantang untuk membuat konten video semenarik mungkin dan menyematkan tagar #TikTokResumes. Sayangnya, program ini masih hanya berlaku di Amerika Serikat saja. 

Resume yang diunggah pada dasarnya sama dengan yang tertulis, yakni berisi tentang minat dan keahlian pelamar, serta latar belakang pendidikan dan pengalaman.


Credit: @Makena.yee on TikTok

Dalam program ini, TikTok bekerja sama dengan beberapa perusahaan beken dan paling dicari di dunia, termasuk Chipotle, Target, WWE, Alo Yoga, Shopify, Contra, Movers+Shakers, dan banyak lagi. Sayangnya, program ini nggak berlaku selamanya, hanya 7 Juli sampai 31 Juli. Dan belum jelas apakah program serupa akan diterapkan di negara lain.

“Kami senang meluncurkan TikTok Resume sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan TikTok sebagai saluran baru untuk rekrutmen dan penemuan pekerjaan,” begitu bunyi pengumuman yang tertulis di website Tiktok.

Menurut Kayla Dixon, manajer pemasaran TikTok, program ini adalah perpanjangan dari program TikTok College Ambassadors, di mana perusahaan sebelumnya mempekerjakan ratusan mahasiswa sebagai perwakilan merek di kampus.

Aplikasi milik raksasa teknologi asal Tiongkok itu ingin membantu mahasiswa di AS untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat di tengah Pandemi Covid-19.

Menggunakan TikTok sebagai tools untuk mencari karyawan bukan hal baru. Di Indonesia saja, juga banyak perusahaan dan bisnis yang memakai TikTok untuk merekrut karyawan.

Selain itu, di TikTok sebenarnya telah ada tagar bernama #CareerTok, memungkinkan pengguna untuk mengunggah resume dirinya yang nantinya dapat dilihat oleh recruiter. Namun, kali ini, TikTok ingin memberikan kesempatan yang lebih besar untuk para pencari kerja dengan kerja sama bareng banyak perusahaan. (*)

Related Articles
Tech
Tiongkok Punya Andil di Perusahaan Induk, Senat Desak Biden Blokir TikTok

Tech
Capai Kesepakatan, Xiaomi Berhasil Lolos dari Daftar Hitam AS

Tech
TikTok Tambah Perlindungan Privasi dan Batasi Pemberitahuan untuk Remaja