Interest

Mengenal Faheem Younus, Dokter AS yang Edukasi Covid-19 Pakai Bahasa Indonesia

Dwiwa

Posted on July 7th 2021

(@FaheemYounus)

Warga Twitter pasti sudah cukup sering melihat nama Faheem Younus berseliweran di beranda dalam beberapa waktu terakhir. Dokter Amerika Serikat dengan akun @FaheemYounus ini menjadi populer di dunia maya Indonesia karena cuitan edukasi berbahasa Indonesia soal Covid-19.

Sejak kasus Covid-19 di Indonesia memburuk beberapa waktu lalu, Younus memang cukup rajin membagikan situasi terkini penanganan di tanah air. Termasuk juga mengomentari panic buying terhadap “susu beruang” yang dianggap mampu mencegah dan memulihkan pasien Covid-19 saat kasus Covid-19 di Indonesia meledak.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Twitternya, Younus merupakan seorang pakar penyakit menular dari University of Maryland Upper Chesapeake Health (UM UCH), Amerika Serikat. Ia juga memegang beberapa posisi yakni Vice President, Chief Quality Officer, Chief Division of Infection Disease, dan Clinical Associate Professor.

Selain itu Younus merupakan pakar manajemen perubahan yang disegani karena kemampuannya mentransformasikan dan menyelaraskan tim multidisiplin untuk mencapai tujuan bersama.

Berdasarkan situs resmi dari UM UCH Younus merupakan dokter pemenang penghargaan dan dokter eksekutif bersertifikat (CPE) yang memimpin program kualitas dan keamanan UM UCH. Dia telah memberikan viri untuk mengembangkan dan mempertahankan keselamatan pasien dan program kualitas di UM Harford Memorial dan UM Upper Chesapeake Hospitals. Dia juga memberikan pengawasan strategis untuk program pengalaman pasien.

Selain itu, dia juga merupakan seorang dokter yang berprestasi. Dokter Younus telah berulang kali dipilih oleh rekan-rekannya untuk menerima penghargaan “Top Doc” yang diberikan setiap tahun oleh Majalah Baltimore.

Selain itu, dia pernah menerima “Presidential Service Award” dari pemerintahan Obama pada 2008 untuk layanan kemanusiaan. Dokter yang pernah menempuh pendidikan di King Edward Medical University ini juga merupakan penulis banyak artikel peer-reviewed.

Di luar aktivitasnya di kampus, Younus juga merupakan penulis aktif di media internasional seperti Baltimore Sun, The Huffington Post dan Washington Post. Dia juga tercatat sebagai anggota organisasi Infectious Diseases Society of America (IDSA) yang aktif sejak Juli 2009.

Terlepas dari kesibukannya di kampus mengajar mahasiswa kedokteran, Younus memiliki komitmen yang kuat terhadap hasratnya merawat pasien dengan infeksi yang rumit. Dia menjalankan praktik rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit menular yang selalu sibuk. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Biar Nggak Panik, Ikuti Tips Aman Covid-19 dari Dokter Faheem Younus Berikut

Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Current Issues
Twitter Blokir Tweet Masyarakat India yang Kritik Pemerintah Soal Covid-19