Current Issues

Ini Syarat dan Sejumlah Lokasi Vaksin Covid-19 untuk Remaja 12-17 Tahun

Dwiwa

Posted on July 6th 2021

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 untuk anak berusia 12-17 tahun pada akhir Juni lalu. Surat edaran terkait vaksinasi tahap 3 untuk masyarakat rentan, umum, dan anak usia 12-17 tahun juga sudah dikeluarkan.

Sejumlah wilayah di Indonesia pun langsung memulai melaksanakan vaksinasi untuk para remaja ini. Syarat yang dibutuhkan untuk mendapat vaksinasi ini pun mudah. Cukup membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak. Selain itu, tentu juga harus sudah mendapat izin dari orang tua ya.

Nah, kalau untuk tata cara pelaksanaan vaksinasinya sih nggak jauh beda dengan yang selama ini dilakukan untuk orang dewasa dan lansia. Begitu datang ke lokasi vaksinasi, hal yang pertama dilakukan adalah screening.

Jika saat petugas melakukan screening kalian lolos, artinya proses vaksinasi Covid-19 bisa dilakukan. Ingat ya, usai divaksin jangan langsung pulang. Kalian perlu menunggu setidaknya 30 menit sebagai bagian dari observasi untuk melihat ada tidaknya efek samping serius yang dirasakan. Baru setelah itu boleh pulang.

Gimana? Kalian sudah siap untuk divaksin apa belom nih? Kalau sudah siap, yuk cek di lokasi mana saja vaksinasi Covid-19 untuk remaja ini bisa dilakukan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. DKI Jakarta

Bagi yang tinggal di DKI Jakarta, cukup banyak lokasi yang sudah mengalokasikan kuota untuk anak berusia 12-17 tahun. Untuk bisa  mengakses vaksin ini, kalian cukup mendaftar melalui aplikasi JAKI yang bisa diunduh di Apple App Store dan Google Play Store.

Sementara lokasi yang bisa untuk vaksinasi Covid-19 bagi remaja di antaranya ada di RSUD Tamansari, RSUD Kembangan, RSU Adhyaksa, RSKD Duren Sawit, Mall Kota Kasablanka, RSUD Matraman, RSUD Pasar Rebo, dan RSUD Tarakan.

Selain di tempat tersebut, pemerintah DKI Jakarta juga berencana melakukan vaksinasi anak-anak di sekolah. Jadi kalian tinggal datang sesuai dengan jadwal yang diberikan.

2. Palembang

Nah, bagi kalian yang tinggal di Palembang, beberapa puskesmas juga sudah mulai mengalokasikan dosis untuk anak berusia 12-17 tahun. Di antaranya di Puskesmas Boombaru, Puskesmas Multiwahana, dan Puskesmas Opi.

3. Kota Bogor

Kalau tinggal di Kota Bogor, kalian bisa mendaftar untuk vaksinasi di Puri Begawan. Jadwal pelaksanaannya mulai 6-9 juli dengan kuota maksimal 5.000 orang.

4. DI Yogyakarta

Buat yang tinggal di DI Yogyakarta, beberapa rumah sakit juga sudah mengalokasikan kuota nih buat remaja. Di Sleman, anak-anak usia 12-17 tahun sudah bisa melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19.

Sementara fasilitas kesehatan yang melayani ada 19 rumah sakit, 25 puskesmas, dan 5 klinik. DI antaranya RSUP dr Sardjito, RSA UGM, RSUD Sleman, ESUD Prambanan, RS PKU Gamping, RS UAD, RS Grhasia, dan RS Sakina Idaman.

Nah itu tadi sejumlah lokasi vaksinasi Covid-19 bagi anak berusia 12-17 tahun di beberapa kota di Indonesia. Ingat ya, meskipun kalian sudah divaksin Covid-19, protokol kesehatan tetap harus dilakukan yah. Sebab, orang yang sudah divaksinasi juga tetap bisa tertular Covid-19 meskipun mungkin sakit yang dirasakan tidak akan parah.(*)

Related Articles
Current Issues
Resmi! BPOM Rekomendasikan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun

Current Issues
Kanada Setujui Pemberian Vaksin Pfizer untuk Remaja

Current Issues
Vaksin Covid-19 Akan Segera Tersedia untuk Anak di Bawah 12 Tahun