Entertainment

Peduli Isu Kesehatan Mental, Kunto Aji Rilis Album Kedua

Nizar Fahmi

Posted on September 17th 2018

 

Setelah tahun 2015 lalu sukses dengan album pertama, Kunto Aji kembali merilis album baru dengan judul Mantra Mantra pada 14 September lalu. Soloist pria asal Yogyakarta yang tengah naik daun ini mengaku butuh waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan album keduanya. Agar terlihat sempurna, Kunto Aji juga pernah merilis demo album Mantra Mantra yang berisikan lima lagu yang digabung dalam mini album berjudul Overthinker.

Album Mantra Mantra menyediakan Sembilan track yang sebagian besar mengandung cerita tentang isu mental health. Isu tersebut diangkat menjadi lagu oleh Kunto sebagai bentuk self-healing dan self-reflection dirinya terhadap permasalahan kesehatan mental yang tengah mewabah di tengah masyarakat. Bahkan problematika mental health yang dipilih pun ialah saat keadaan seseorang di tengah momen-momen menjelang bunuh diri. Eh tapi bukan si Kunto yang bunuh diri ya, jangan gagal paham kamu, hehe.

Menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menyelesaikan album keduanya, Kunto Aji sempat datang ke psikolog bersama istrinya untuk mengetahui secara mendalam tentang permasalahan seseorang dalam kesehatan mental. Baginya, album ini nggak boleh dibuat sembarang karena mengangkat cerita yang sensitif bagi para penderitanya. Itulah mengapa artis jebolan Indonesian Idol musim 5 ini sampai rela bolak-balik konsultasi dengan tenaga profesional tanpa kenal waktu.

Nggak cuma sampai di situ, perjuangan Kunto dalam menghasilkan album yang bermakna ‘dalam’ ini juga melibatkan empat produser musik handal tanah air, seperti sang sahabat Petra Sihombing, Ankadiov Subran, Bam Mastro, dan Anugrah Uga Suwadi.

Masing-masing produser musik tersebut punya peran pada penulisan lagu dalam album baru Kunto. Anka terlibat dalam lagu yang berjudul Sulung, Rencana Rencana, Pilu Membiru, Topik Semalam, dan Bungsu. Sedangkan Petra Sihombing mendapatkan kesempatan membantu Kunto dalam lagu Rehat dan Jakarta Jakarta. Bam Mastro pada lagu Saudade, dan Uga pada lagu Konon Katanya yang telah rilis lebih dulu pada November 2017 lalu.

Di album keduanya, Kunto Aji sukses membuat pendengar setia karyanya merinding cuy. Liriknya yang dalam, tempo musik yang mellow, sampai vibe lagu yang easy listening dibungkus apik oleh pria berambut ikal ini. Cocok banget dijadikan lullaby song, apalagi didukung dengan genre soft pop dan jazz. Siap-siap ngantuk!

Sebenarnya, lirik-lirik yang ada dalam album Mantra Mantra dapat diartikan sesuai dengan apa yang kita pahami gengs. Karena pada dasarnya album ini ditulis oleh Kunto Aji dengan melambangkan permasalahan semua orang secara umum.

Contohnya pada lagu Sulung sebagai pembuka album. Lagu ini berpesan kepada kita bahwa kita harus merasa cukup pada apapun yang kita miliki saat ini.

“Cukupkanlah…Ikatanmu…Relakanlah yang tlah seharusnya untukmu” ujar Kunto pada track pertama di album Mantra Mantra.

Kalau kamu adalah tipe penikmat musik yang mengincar ketenangan, album ini bisa masuk dalam daftar favoritmu. Dari lagu satu sampai lagu sembilan, semuanya punya ‘Mantra Mantra’ yang mantep cuy. Coba deh dengar pakai headset, senandungnya Kunto makin ngenakin! Well done, Aji! (nzr)

Related Articles
Entertainment
Cara Keren Kunto Aji Ajak Penggemar Lepas dari Kisah Pilu Lewat MV Barunya

Entertainment
Baru Rilis! Album 'Menari Dengan Bayangan' dari Hindia Berisi 15 Lagu

Entertainment
Surprise! Album 'Music to be Murdered by' oleh Eminem Baru Saja Rilis