Sport

Hore! Atlet Indonesia Rebut Medali Emas di Piala Dunia Panjat Tebing 2021

Dwiwa

Posted on July 4th 2021

(ifsc-climbing.org)

Ada kabar gembira nih dari dunia olahraga. Dalam ajang IFSC Climbing World Cup Villars yang diadakan di Swiss pada Jumat (2/7) waktu setempat, atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berhasil memboyong medali emas speed putra.

Dilansir Antara, Veddriq berhasil mengalahkan atlet Rusia Dmitrii Timofeev dalam babak final dengan menorehkan waktu 5,329 detik, lebih cepat 2,021 detik dari sang lawan.

“Saya sangat senang dengan kemenangan ini walaupun di sini sangat dingin. Pertandingan kali ini adalah pertandingan yang menantang,” ujar Veddriq dalam siaran pers PB FPTI.

Meskipun berhasil meraih kemenangan, tetapi waktu yang dicapainya masih belum bisa mengalahkan rekornya sendiri. Pada 29 Mei lalu, Veddriq berhasil membuat rekor dunia dengan mencatatkan waktu 5,208 detik dalam IFSC Climbing World Cup di Salt Lake City, Utah, AS.

Atlet lain yang juga mengharumkan nama Indonesia di ajang tersebut adalah Kiromal Katibin yang berhasil memboyong medali perunggu dalam perebutan juara tiga. Dia berhasil meninggalkan atlet Rusia Vladislav Deulin dengan mencatatkan waktu 5,306 detik, unggul tipis 0,074 detik dari sang lawan.

Kemenangan ini pun mendapatkan sambutan gembira dari Ketua Umum PP FPTI Yenny Wahid. Dia mengatakan jika ini semakin mengukuhkan prestasi atlet panjat tebing Indonesia di tingkat dunia.

“Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat selama ini bagi keberhasilan atlet-atlet kita dalam mengharumkan nama bangsa. Kemenangan ini kita persembahkan untuk sleuruh rakyat Indonesia agar terus semangat berjuang melawan pandemi. Dengan tekad yang kuat, kita pasti bisa,” ujarnya.

Secara total, Indonesia mengirimkan tujuh atlet panjat tebing dalam kompetisi ini, tiga putri dan empat putra. Namun lima di antaranya harus lebih dulu terhenti langkahnya sebelum berhasil membawa pulang medali. (*)

Related Articles
Sport
Alfian M Fajri Sabet Medali Emas di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

Sport
Jadwal Bertanding Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu 24 Juli 2021

Sport
Kaleb Ramot Gemilang Raih MVP IBL 2019