Current Issues

'Surabaya Memanggil', Aksi Nyata Warga Kota Surabaya Tangani Covid-19

Mainmain.id

Posted on July 4th 2021

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi punya program menarik dalam upayanya menanggulangi masalah Covid-19 di Kota Pahlawan. Eri mengajak warganya berkolaborasi menyelesaikan Covid-19 lewat gerakan yang diberi nama 'Surabaya Memanggil'.

Lewat program ini, Pemkot Surabaya akan menyiapkan relawan-relawan terlatih dari berbagai latar belakang status dan profesi. Gerakan itu sendiri dideklarasikan, Jumat (2/7). Ratusan anak muda Surabaya langsung bergabung dalam gerakan ini.

"Saya selalu katakan, kalau kita ingin Covid-19 segera berakhir, kita harus seperti merebut kemerdekaan dulu. Harus ada perjuangan bersama-sama dari segenap warga Kota Surabaya. Kalau kita berjuang sendiri-sendiri. tidak pernah menjadi satu kekuatan besar. Maka perjuangan pun akan sia-sia," kata Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Jum'at.

Eri menyebut para relawan itu akan menjalani screening dan persiapan. Mereka secara rutin akan mengikuti swab. Para relawan juga dipastikan sudah mendapatkan vaksin. Para relawan itu nantinya akan diperbantukan dalam banyak hal.

Misalnya dalam kegiatan vaksinasi. Mereka diharapkan bisa membantu dan mempercepat target vaksinasi di Surabaya yakni, sehari minimal 20 ribu sasaran. "Teman-teman relawan itu bisa menjadi tracer, bisa melakukan pengisian data pada waktu melakukan vaksin, bisa juga memberikan pemahaman bagaimana Covid-19. Semua akan turun membantu," jelasnya.

Koordinator Relawan Surabaya Memanggil Aryo Seno Bagaskoro menyatakan, hadirnya para relawan ini merespons apa yang menjadi panggilan Wali Kota Surabaya. Semua relawan merupakan warga Surabaya. Mereka berasal dari beragam latar belakang. 

"Kami menyambut baik teman-teman dari berbagai latar belakang dan komunitas yang terpanggil bergabung. Kami buka konsepnya, link pendaftarannya, kami susun website nanti secara teknis teman-teman bisa kemudian bergabung secara lebih bergelombang di Surabaya," katanya. Link pendaftaran bisa diakses di sini.


Dari kiri: Eri Cahyadi, Jhonny Edison Isir (Kapolrestabes Surabaya), dan Aryo Seno Bagaskoro.

Seno menjelaskan, para relawan ini nantinya akan terbagi menjadi tiga bidang. Mereka akan membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19 di Kota Pahlawan. Mulai dari membantu sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat, kedaruratan medis, hingga pembinaan Kampung Tangguh.

"Untuk relawan kedaruratan ini nanti akan kami khususkan untuk teman-teman berlatar belakang medis. Sehingga bisa membantu pemkot dalam upaya penanganan medis, pemulasaran jenazah, dan membantu terkait mobilisasi. Jadi ini semua dibagi," tandas Seno.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Vaksinasi Anak dan Remaja di Surabaya Dimulai 10 Juli

Current Issues
Belum Melandai, Daerah-Daerah Ini Alami Lonjakan Covid-19 yang Signifikan

Current Issues
Jakarta PSBB Lagi, Masuk Surabaya Wajib Swab Test