Tech

Bye Blue Screen of Death Windows! Kini di Windows 11 Berubah Jadi Black Screen

Jingga Irawan

Posted on July 2nd 2021

Mungkin banyak pengguna Windows yang pernah mengalami Blue Screen of Death (BSOD) di laptop. Tampilan biru dengan emoticon sedih tersebut merupakan masalah umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya kesalahan program atau hardware yang tidak berfungsi: kesalahan memori, komponen yang terlalu panas, atau hardware yang berjalan di luar batas spesifikasinya.

Sejalan dengan peluncuran Windows 11, kini tampilan layar biru tersebut diubah menjadi hitam. Dilansir dari The Verge pada Jum’at (2/7), Raksasa teknologi itu mulai menguji perubahan desain warna barunya di preview Windows 11 awal pekan ini, tetapi ‘Black’ Screen of Death belum sepenuhnya diaktifkan.

Menurut The Verge, alasan Microsoft beralih ke ‘Black Screen of Death untuk Windows 11 adalah menyesuaikan black logon dan shutdown yang baru.

Perubahan besar ini merupakan yang pertama sejak BSOD diaktifkan di Microsoft. Memang tampilan BSOD sempat dimodifikasi dengan menambahkan wajah sedih ke layar di Windows 8 pada 2012. Lalu pada 2016, tampilan BSOD ditambahkan kode QR.

Microsoft pertama kali memperkenalkan BSOD di Windows 3.0, langkah ini dilakukan agar profesional IT dan personel pendukung dapat mendiagnosis masalah perangkat keras dan kesalahan memori.

BSOD adalah kesalahan kernel atau pemeriksaan bug Windows sendiri. Biasanya mencakup kumpulan data yang dapat membantu administrator sistem menganalisis kesalahan sistem apa yang menyebabkan layar menjadi biru.

Meskipun Microsoft beralih ke Black Screen of Death di Windows 11, layarnya masih identik dengan yang ada di Windows 10. Wajah sedih tetap ada, seperti halnya kode berhenti dan crash dump. Sedangkan, preview sementara Windows 11 saat ini menyertakan BSOD hijau, warna yang telah digunakan Microsoft untuk Windows Insider sejak 2016.

Sementara ini perusahaan belum mengomentari perubahan tersebut. Microsoft sedang merombak banyak bagian di Windows 11 dengan pendekatan baru ke OS. Kemungkinan pergantian warna dilakukan untuk menyesuaikan tampilan karena Windows 11 menyertakan perombakan visual memodernisasi OS di area utama, termasuk bagian klasik seperti menu Start, File Explorer. (*)

Related Articles
Tech
‘Black Screen of Death’ Windows 11 Berubah Lagi Jadi Biru

Tech
Windows 11 Bakal Dapat Pembaruan Taskbar dan Menu ‘Start’

Tech
Di Windows, Microsoft Berusaha Cegah Pengguna Download Chrome