Tech

Suka Bikin Akun Alter di Twitter? Mungkin Fitur Facets Cocok Buatmu

Biar gak perlu bikin second atau third account~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 2nd 2021

(Gambar: Twitter)

Buat kamu yang merasa harus punya beberapa akun khusus untuk tampilan profesional dan cuma untuk nyampah, Twitter sedang menguji coba fitur yang memudahkan nih. Ada fitur Trusted Friends, yakni pilihan pengguna yang bisa melihat twit tertentu dan Facets, beberapa kepribadian dalam satu akun.

Trusted Friends mirip sama Close Friends yang ada di Instagram. Kita akan diminta memilih pengguna yang kita percaya. Nanti saat mau mengetwit, kita bisa ganti audiens twitnya dari Everyone jadi Trusted Friends.

(Gambar: Twitter)

Nantinya twit khusus buat Trusted Friends bakal punya keterangan di bawah nama akun yang mengetwit. Kita juga bisa memilih mau melihat twit dari Trusted Friends dulu. Bisa juga tetap urut secara waktu atau yang direkomendasikan terlebih dahulu (enggak terikat waktu).

Facets agak berbeda dari Trusted Friends. Bisa dibilang Facets ini beberapa persona kita dalam satu akun. Kita bisa mengelompokkan twit kita sesuai dengan Facets yang dipilih. Misalnya ada sosok utama, sosok dalam dunia pekerjaan, sosok penuh keluhan dan pergunjingan, dan sosok yang hobi baca buku.

(Gambar: Twitter)

Nah, biasanya kan kita membuat akun yang berbeda untuk setiap sosok tadi. Dengan Facets, kita bisa tetap berada di satu akun aja. Setiap Facets bisa diikuti oleh orang lain, tapi perhitungan followers-nya berbeda dari akun utama. Siapa tahu ada yang nge-fans sama sosok dunia pekerjaan doang, bukan sosok keseluruhan, bisa tuh hanya mengikuti satu Facets aja.

Setiap Facets bisa kita atur sebagai akun publik atau private. Siapa tahu yang sosok penuh keluhan mau di-private karena twitnya agak rawan, bisa banget. Nama yang bercetak tebal juga bisa diganti, tapi nama pengguna tetap sama.

Selain dua fitur tersebut, Twitter juga menyiapkan fitur filter kata-kata kasar. Nantinya kita bisa mengatur kata-kata apa yang gak ingin kita lihat. Nantinya kalau ada orang lain yang mau berkomentar dengan kata terlarang itu, bakal ada imbauan untuk lebih halus dalam berkata-kata. Mirip seperti yang juga disiapkan Intagram.

(Gambar: Twitter)

Namun, penulis komentar bisa tetap memilih untuk mengirim komentarnya. Penerima komentar hanya bisa memilih untuk meletakkan komentar tersebut di urutan terbawah agar tidak terlihat.

Belum jelas apakah fitur-fitur ini bakal dirilis secara resmi karena masih dalam tahap mengumpulkan pendapat dari para pengguna. Nah, gimana nih menurutmu sama fitur-fitur tersebut?

Di luar itu, Twitter juga sedang mengembangkan fitur Unmention Yourself buat kalian yang ingin gak terlibat di twit tertentu. Media sosial satu ini juga akan mulai merilis fitur Newsletter, surat kabar buatan kreator yang bisa menjadi tambahan pemasukan buat sang konten kreator. (*)

 

Related Articles
Tech
Beli Aplikasi Squad, Twitter Bakal Bikin Fitur Hangout Virtual Lewat Video Call

Tech
Twitter Update Tampilan Gambar, Sekarang Ditampilkan Full Tanpa Crop

Tech
Fitur Baru, Twitter Bakal ‘Birdwatch’ Tweet Untuk Lawan Hoax di Dunia Maya