Current Issues

Ini Daftar Kabupaten/Kota yang Terapkan PPKM Darurat Paling Ketat

Dwiwa

Posted on July 1st 2021

Setelah jumlah kasus Covid-19 terus memecahkan rekor dalam beberapa hari terakhir, Presiden Joko Widodo pada Kamis (1/7) akhirnya resmi mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali.

Dalam keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan jika PPKM Darurat ini akan membatasi aktivitas masyarakat dengan lebih ketat. Ia juga mengatakan kebijakan ini akan berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

Baca juga: Berlaku 2-20 Juli, Ini Aturan PPKM Darurat di Jawa-Bali

Keputusan Jokowi menerapkan PPKM Darurat yang lebih ketat dan tegas dari sebelumnya ini didasari dengan kondisi pandemi yang berkembang cepat dalam beberapa waktu terakhir dan munculnya varian baru. Kebijakan ini diambil setelah mendapat masukan dari sejumlah pihak seperti para menteri, ahli kesehatan, dan kepala daerah.

Secara total, ada 122 daerah di  Jawa dan Bali yang akan terkena kebijakan ini. Terdiri dari 48 kabupaten/kota dengan asesmen situasi pandemi level 4, serta 74 kabupaten/kota dengan asesmen situasi pandemi level 3.

Sebagai informasi, level asesmen situasi ini didasarkan pada peningkatan penambahan kasus Covid-19 dan tingkat penyebaran. Termasuk juga mobilitas masyarakat, kondisi perekonomian, dan kegiatan vaksinasi. Daerah yang berada pada level 3 atau empat merupakan wilayah dengan penambahan kasus 10 ribu per hari.

Wilayah yang masuk dalam asesmen situasi pandemi level 4 -atau yang paling ketat- semuanya berada di pulau Jawa. Mulai dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DIY, hingga Jawa Timur.

Di Jawa Barat wilayah yang terdampak meliputi Purwakarta, Kota Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Depok, Cirebon, Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Banjar, Kota Bandung, Karawang, dan Bekasi.

Di provinsi Banten termasuk Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kota Serang. DKI Jakarta termasuk Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu.

Lalu di Jawa Tengah ada Sukoharjo, Rembang, Pati, Kudus, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Magelang, Klaten, Kebumen, Grobogan, Banyumas. Di Jogja ada Sleman, Kota Yogyakarta, dan Bantul.

Sedangkan di Jawa Timur ada Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Lamongan, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu.

Jadi, adakah yang tempat tinggalnya termasuk ke wilayah yang terkena PPKM Darurat Ketat? Masuk PPKM Darurat Ketat atau tidak ayo segera vaksin. Dan terus terapkan protokol kesehatan ketat.(*)

Baca juga: Berlaku 2-20 Juli, Ini Aturan PPKM Darurat di Jawa-Bali

Related Articles
Current Issues
Marah Diingatkan karena Gak Pakai Masker? Mungkin Orang itu Mengalami Hal ini...

Current Issues
Ini Lima Poin Persiapan Hadapi Pandemi Covid-19 Jadi Epidemi di Indonesia

Current Issues
Kasus Covid-19 Naik Dratis, Pemerintah Perketat PPKM Mikro