Tech

Robot Penjelajah Zhurong Milik Tiongkok Terlihat Bergerak Jalankan Tugas di Mars

Jingga Irawan

Posted on June 30th 2021

penjelajah (rover) Zhurong milik Tiongkok

Misi Tiongkok di Mars tampaknya berjalan mulus. Dilansir dari Universe Today, Rabu (30/6), gambar baru dari orbit dan permukaan Mars menunjukkan penjelajah (rover) Zhurong sedang bergerak.

Badan Antariksa Nasional Tiongkok (CNSA) merilis gambar dan video baru tersebut pekan ini. Di sisi lain, Pergerakan juga diikuti dan ditangkap dari atas oleh kamera Mars Reconnaissance Orbiter, milik NASA.

"Pada pagi hari tanggal 27 Juni penjelajah Zhurong telah bekerja di permukaan Mars selama 42 hari Mars dan telah menempuh jarak total 236 meter. Orbiter dan rover dalam kondisi kerja yang baik. Keduanya melaporkan keselamatan dari Mars ke pemerintah dan tanah air, mengirimkan berkah jauh pada saat perayaan seratus tahun Partai Komunis Tiongkok (yang jatuh pada 1 Juli besok)," kata CNSA dalam siaran pers.

Pada 1 Juni lalu, Zhurong berpindah untuk menempatkan kamera nirkabel di tanah. Ia kemudian kembali untuk mengambil foto selfie bareng kawan pendaratnya. Gerakan itu sekarang ditampilkan serta didokumentasikan dalam rekaman yang berjalan mundur saat bermanuver ke tempat di sebelah pendarat.

Misi Tianwen-1 adalah misi Mars pertama Tiongkok. Keberangkatannya terdiri dari pengorbit (orbiter), pendarat (lander), dan penjelajah (rover). Pesawat ruang angkasa itu berhasil memasuki orbit Mars pada Februari, menempuh penerbangan tujuh bulan setelah peluncuran pada Juli 2020.

Sementara itu, dari orbit, kamera HiRISE (Eksperimen Sains Pencitraan Resolusi Tinggi) milik Mars Reconnaissance Orbiter telah melihat bukti pergerakan penjelajah Zhurong. Dalam rekayasa gambar berwarna ini, lokasi pendaratan tetap berwarna berbeda dari penghilangan debu Mars selama pendaratan. "Dan pergerakan rover Zhurong ke arah selatan dapat dilihat,” tulis tim HiRISE.

Gambar dari kamera HiRISE di Mars Reconnaissance Orbiter ini menunjukkan rover Zhurong telah menjauh dari pendarat. Itu diambil pada 11 Juni 2021. Kredit: NASA/JPL/UArizona

HiRISE telah mengambil gambar dua kali, pada 11 Juni dan 6 Juni. Dengan dua gambar tersebut, tim dapat membuat tampilan stereo tiga dimensi dari pendarat. Gambar ini harus dilihat dengan kacamata merah/biru untuk mengungkapkan lokasi pendarat, serta dataran yang membekas tempat penjelajah dan pendarat di selatan Utopia Planitia di Mars. (*)

Pemandangan stereo pendarat Tianwen-1 China di Mars. Gunakan kacamata merah/biru untuk melihat resolusi sempurna. Credit: NASA/JPL/UArizona.

Artikel Terkait
Tech
Titik Awal UEA Observasi Mars Berhasil Diwujudkan Lewat Pengorbitan Hope Probe

Tech
SpaceX Akan Angkut Manusia ke Mars 10 Tahun Lagi

Tech
Sukses Mendarat di Mars, Tiongkok Berhasil Susul NASA