Sport

Mengenal Erriyon Knighton, Remaja yang Pecahkan Rekor Lari Usain Bolt

Dwiwa

Posted on June 30th 2021

(Hypebeast)

Nama Erriyon Knighton semakin menjadi perbincangan setelah dirinya berhasil memecahkan rekor lari Usain Bolt pada Track & Field Olympic Team Trial untuk kategori under-18 dan under-20 200 m minggu ini.

Tidak hanya itu saja, remaja 17 tahun ini juga mencatatkan namanya dalam sejarah atletik sebagai pria Amerika termuda yang menjadi bagian dari tim Olimpiade sejak Jim Ryun pada 1964.

Tapi, siapa sebenarnya Erriyon Knighton ini?

Dilansir dari Hypebeast, ternyata atletik merupakan hal baru bagi Knighton. Awalnya dia merupakan seorang wide receiver dalam permainan football selama di sekolah menengah. Tetapi kecepatannya berlari membuat pelatih mendesaknya untuk mengambil jalur atletik saat menjadi siswa baru di Hillsborough High School in Tampa, Florida.

Meskipun dia menonjol  di trek, tetapi Knighton didekati oleh berbagai sekolah divisi pertama untuk bermain football. Namun dengan banyaknya kemenangan yang sudah dia dapat dan portofolio atletik yang terus berkembang, Knighton bertahan di trek untuk mengejar karir. 

Sejak menjadi profesional pada Januari 2021 – tak lama setelah ulang tahunnya ke-17 – Knighton mencatatkan banyak kemenangan, turnamen, dan piala, yang membuat kekayaan bersihnya meningkat menjadi sekitar USD 200 ribu, termasuk sponsor dari Adidas.

“Aku tahu potensiku, aku melihat kehebatan dalam diriku setiap kali melihat bayanganku,” tulisnya di Instagram. Dia juga menjadi bagian dari kampanye brand Impossible is Nothing” yang diluncurkan pada April.

Knighton juga dikenal dengan kepercayaan diri yang mengesankan bagi seorang atlet muda. Dalam sebuah wawancara dengan Track and Field News pada Februari silam, Knighton berkomentar, “Aku percaya jika bekerja keras, pada akhirnya aku akan berkembang menjadi atlet kelas dunia. Aku menyerap semuanya, semua pengetahuan.”

Dia juga pernah mengakui perbandingannya dengan Bolt, bahkan sebelum berhasil mengalahkan rekornya. Ketika ditanya oleh Florida Today, atlet mana yang dianggap paling mirip dirinya, Knighton menjawab, “Mungkin Usain Bolt, hanya karena dia tinggi seperti saya.”

Dan dengan Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung sebentar lagi serta rekor terbaik yang dicatatnya dalam kategori 200m 19,84 detik, 2021 mungkin akan menjadi tahun milik Erriyon Knighton. (*)

 

Related Articles
Running
Berusia 61 Tahun, Agus Supriadi Berburu Medali Pertama di Event Lari

Running
Baru Mau Memulai Lari? Perhatikan 7 Tips Berikut Ini...

Sport
Kisah Bill Russell, Pelatih Pertama NBA yang Berkulit Hitam