Current Issues

Biar Nggak Bingung, Begini Loh Cara Pakai Masker Ganda yang Benar

Dwiwa

Posted on June 29th 2021

(Foto: CDC)

Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia dalam dua minggu terakhir telah membuat para ahli mengingatkan agar masyarakat semakin memperketat protokol kesehatan. Selain itu, mereka juga menyarankan penggunaan masker ganda agar lebih terlindungi dari virus SARS-Cov-2.

Studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menemukan jika masker ganda memberikan perlindungan lebih baik bagi pengguna dalam melawan Covid-19. Bahkan penggunaan masker ganda ini bisa menurunkan paparan hingga 95 persen.

Tapi, masker ganda seperti apa sih yang sebaiknya dipakai agar lebih terlindungi dari Covid-19? Apakah bisa menggunakan dua masker medis ditumpuk atau masker N95 yang dilapisi masker medis? Jawabannya adalah tidak!

Menurut situs resmi CDC, penggunaan dua masker medis yang ditumpuk tidak disarankan. Pasalnya, masker sekali pakai ini tidak didesain untuk menempel pas di wajah, dan menggunakan lebih dari satu tidak akan membuatnya lebih pas di wajah.

Masker N95 juga tidak boleh dilapisi atau digunakan untuk melapisi masker lain. Pasalnya, masker ini sudah dibuat dengan sedemikian rupa untuk bisa menyaring partikel aerosol hingga 95 persen. Dibanding dengan masker lain, masker ini sudah memiliki efektifitas paling tinggi.

Sedangkan yang boleh digunakan untuk masker ganda adalah kombinasi dari masker kain dan masker medis. Cara pakainya pun gampang. Kalian hanya perlu memakai masker medis seperti biasa dan menekan kawat bagian atasnya sehingga menutup hidung dengan sempurna.

Setelah itu, tumpuk bagian atasnya dengan masker kain. Pemakaian masker kain ini diharuskan dapat menekan bagian tepi masker di bawahnya agar menempel ke wajah. Gampangnya sih, masker kain yang digunakan sebagai lapisan kedua harus pas di wajah.

Oh iya, meski sudah ada lapisan masker bedah di bawahnya, masker kain yang digunakan ini juga harus memiliki banyak lapisan loh. Para ahli menyarankan untuk setidaknya menggunakan masker kain tiga lapis yang dibuat dari bahan berkualitas. Dan jangan lupa memastikan jika saat penggunaan masker kalian tetap bisa bernapas dengan nyaman yah.

Pasalnya, mungkin tidak semua orang merasa nyaman dengan penggunaan masker ganda ini. Menurut Stephen Morse, profesor epidemiologi di Columbia University Medical Center mengatakan jika kalian merasa tidak nyaman dengan masker ganda, tidak perlu dipaksakan.

Apalagi jika itu membuat kalian kesulitan bernapas sehingga menjadikan pemakaian masker kurang tepat. Hal ini seringkali justru membuat perlindungan yang diberikan bisa lebih buruk dari penggunaan satu masker.

Tetapi terlepas memilih menggunakan masker ganda atau satu, hal yang terpenting adalah masker yang digunakan harus pas di wajah dan menutupi hidung, mulut hingga dagu. Jadi, pastikan jika kalian selalu memakai masker dengan benar ya.

Jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan lain seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjauhi kerumunan. Ingat juga untuk diam di rumah jika tidak ada keperluan penting.(*)

Related Articles
Current Issues
Kasus Covid-19 Makin Menggila, Yuk Ingat Lagi Cara Pakai Masker yang Benar

Current Issues
Kenapa Kalian Harus Sering Ganti Masker Bedah? Ternyata Bisa Sebabkan Ini...

Current Issues
Studi Ini Buktikan Pentingnya Peran Masker Dalam Melawan Pandemi Covid-19