Entertainment

Hailey Bieber Sebut Tubuh Perempuan Terlalu Banyak Dikomentari, Minim Diapresasi

Body shaming bisa berdampak buruk banget buat kesehatan mental.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 28th 2021

(Foto: Getty Images)

Hailey Bieber bisa dibilang sebagai sosok perempuan yang kece banget, tapi model satu ini juga pernah mengalami body shaming dan merasa buruk dengan tubuhnya sendiri. Baru-baru ini Hailey mengungkapkan dampak buruk body shaming dan peran media sosial pada kesehatan mentalnya.

Hailey berbincang dengan Addison Rae di podcast That Was Fun? With Addison & Sheri. Di percakapan tersebut, istri dari Justin Bieber ini benar-benar jujur tentang pengalaman buruknya menerima komentar negatif tentang tubuhnya.

”Perempuan mengalami banyak hal dengan tubuh mereka dan aku merasa orang-orang tidak punya empati dengan itu,“ ungkapnya. Hailey menjelaskan bahwa ketika muncul sebagai figur publik, semua orang seakan punya hak mengomentari tubuh sang artis tanpa tahu cerita di baliknya.

”Bagaimana kamu tahu apa yang sedang terjadi di dalam tubuhku sekarang? KB [punya dampak] yang besar, mensturasi [punya dampak] berarti, belum lagi kalau aku lagi PMS [Premenstrual syndrome]?“

Sosok bernama lengkap Hailey Rhode Baldwin Bieber itu mengungkapkan bahwa ia sering menerima hujatan tentang tubuhnya selama menjadi model. Walaupun begitu, komentar-komentar pedas itu justru bertambah buruk seiring pertambahan usianya. Apalagi kini ia sudah menikah, publik kadang menebak-nebak apakah ia sedang hamil atau tidak.

”Aku bukan 19 tahun lagi. Aku berusia 24 tahun sekarang. Aku merasa tubuhku sudah sangat berbeda bahkan dibandingkan dengan tahun lalu. Memang itu yang terjadi,“ lanjutnya.

Sadar komentar negatif dapat berdampak buruk pada kesehatan mentalnya, Hailey tidak lagi terlalu aktif di media sosial. Artis satu ini sempat mengungkapkan bahwa ia gak lagi pakai Twitter dan hanya buka Instagram saat akhir pekan.

”Jelas kadang rasa penasaran kita kuat banget. Namun, itu [melihat komentar] bisa sangat buruk buat kesehatan mental,“ ujarnya. Setelah cukup sering menghindari media sosial, pemilik brand kecantikan Rhode Beauty ini merasa lebih bahagia dan nggak terlalu cemas.

Nah, kalau kamu lagi struggling dengan body image dan sering merasa insecure, coba ikuti jejak Hailey deh buat mengurangi intensitas membaca atau mendengar komentar orang lain. Jangan biarkan orang lain menurunkan self-worth kamu!

Dengar epidode podcast-nya di bawah ini. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Hailey Bieber Ungkap Betapa Media Bikin Ia dan Justin Bieber Merasa Tertekan

Entertainment
Cerita Billie Eilish Hadapi Komentar Buruk tentang Tubuhnya

Lifestyle
6 Tips Simpel Lebih Percaya Diri dengan Tubuh Sendiri