Entertainment

Justin Bieber Disebut Terang-Terangan 'Mencuri' Logo Grup Musik Justice

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 27th 2021

(Foto: Getty Images;Instagram @justinbieber)

Persoalan tuduhan peniruan logo di sampul album Justice milik Justin Bieber masih belum usai. Logo ”Justice“ di album tersebut disebut meniru logo milik grup musik elektronik Justice karena bentuknya dinilai mirip banget. Baru-baru ini, salah satu anggota grup musik tersebut buka suara mengenai masalah ini.

Album Justice dirilis pada Maret lalu dengan sampul bertuliskan Justice dengan gaya penulisan huruf ’t‘ yang serupa dengan simbol salib. Ketika album studio keenam Justin itu diluncurkan, beberapa fan menemukan kemiripan antara sampul album tersebut dengan logo grup musik Justice.

Logo grup Justice dan sampul album Justice

Justice sendiri telah menggunakan logo tersebut sejak 2003. Grup musik asal Prancis itu juga telah mendaftarkan kombinasi kata atau grafis tersebut sehingga terlindungi hak cipta. Sebenarnya tim Justin disebut sempat menghubungi mereka perihal logo itu, tapi kontak tersebut tidak pernah selesai. Putus tanpa kejelasan.

Salah satu personil grup tersebut, Gaspard Augé, buka suara pada Guardian mengenai situasinya. “Walaupun Bieber berasal dari Kanada, tindakannya sangat mewakili hegemoni Amerika Serikat: ’Oh, ini hanya band kecil dari Prancis, aku yakin kita bisa mengambil nama mereka, tidak akan ada yang peduli…,” ungkapnya.

“Jelas kami tidak punya hak terhadap kata ’Justice’ dan simbol salibnya. Namun, manajemen [Bieber] yang pertama menghubungi untuk bertanya dari mana asal logo kami, jadi kejadian ini bukan sekadar kebetulan semata. Bagiku, ini pencurian yang terang-terangan. Di sana masalahnya,” lanjut musisi kelahiran 42 tahun lalu itu.

Augé menyayangkan pelantun Holy tersebut menggunakan logo mereka tanpa izin. Justice juga merasa dirugikan karena menganggap kemiripan logo tersebut membingungkan penggemar, memberikan dugaan bahwa Justice memang mendukung album tersebut.

“Penggunaan logo tersebut ilegal. Anda tidak menerima izin dari Justice untuk menggunakan logonya,“ tulis Justice di sebuah surat. “Terlebih karya Bieber tidak terhubung, didukung, atau disponsori oleh Justice. Penggunaan logo tersebut tidak hanya ilegal, tapi sangat mungkin menipu dan membingungkan konsumen.”

Hingga saat ini, pihak Justin Bieber belum merilis pernyataan apa pun mengenai masalah ini. Walaupun begitu, tim Justin disebut ”menolak“ somasi tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Rolling Stone. Mereka berargumen bahwa logo yang ada di album Justice tidak melanggar hak cipta.

Wah, sepertinya masalah ini nggak kunjung ketemu solusinya nih. Semoga segera ada penyelesaian yang terbaik buat kedua pihak. (*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
Justin Bieber Dituntut Grup Justice, Dianggap Tiru Logo di Sampul Album ‘Justice

Entertainment
Justin Bieber Akan Rilis MV’Justice‘, Kolaborasi Bareng Giveon dan Daniel Caesar

Entertainment
Justin Bieber Rilis ‘Hold On’, Minta Kita Tetap Bertahan dalam Situasi Apapun