Current Issues

Harus Isolasi Mandiri karena Positif Covid-19? Lakukan 13 Hal Wajib Ini...

Dwiwa

Posted on June 26th 2021

Jumlah kasus Covid-19 melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir. Bahkan hari ini (26/6) penambahan kasus harian mencapai 21.095, rekor tertinggi yang pernah tercatat semenjak Covid-19 terdeteksi di Indonesia.

Semakin banyaknya jumlah kasus ini diduga karena selama musim libur lebaran, interaksi sosial masyarakat tinggi dan banyak pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan. Kasus yang tinggi tentu juga membuat risiko kita tertular jadi makin besar.

Ketika terpapar Covid-19, gejala yang dialami oleh setiap individu tidak sama. Ada yang tidak bergejala atau hanya ringan, tetapi juga ada yang memiliki gejala serius hingga memerlukan perawatan di rumah sakit.

Karena keterbatasan kapasitas rumah sakit, orang-orang yang tidak bergejala atau hanya bergejala ringan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Meski di rumah, tetapi ada sejumlah aturan yang perlu dilakukan agar kalian tidak menulari orang lain loh.

Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan saat sedang isolasi mandiri di rumah? Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat menjalani isolasi mandiri Covid-19 di rumah sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan.

1. Hindari kontak dengan orang lain serta tidak bepergian dan tidak menerima tamu.

2. Mintalah satu orang dari keluarga, yang paling sehat dan paling tidak rentan terhadap Covid-19 untuk membantu merawat atau menyediakan kebutuhan. Dalam melakukan perawatan, orang tersebut juga harus menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan denan sabun.

3. Kamar tidur harus terpisah dari anggota keluarga lain.

4. Selalu kenakan masker dengan benar dan jaga jarak.

5. Rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

6. Hindari kontak dengan orang lain serta tidak bepergian dan tidak menerima tamu.

7. Gunakan peralatan pribadi seperti alat makan, minum, dan peralatan mandi yang berbeda dari anggota keluarga yang lain. Peralatan makan dan minum juga harus dibersihkan secara terpisah, begitu juga dnegan penyimpanan peralatan mandi.

8. Gunakan kamar mandi terpisah. Tetapi jika tidak tersedia, pastikan untuk selalu rutin melakukan disinfeksi pada permukaan yang sering disentuh.

9. Pastikan kamar memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik.

10. Bersihkan permukaan dengan disinfektan secara berkala.

11. Lakukan pemantauan harian terkait gejala.

12. Lakukan koordinasi dengan puskesmas.

13. Jika muncul gejala atau semakin parah segera lapor ke petugas atau mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat bantuan.

Nah, jadi begitu ya guys aturan untuk isolasi mandiri. Isolasi mandiri ini penting agar virus yang sedang berada di tubuh kita tidak menular ke anggota keluarga atau orang lain yang kita temui.

Ingat ya, meskipun mungkin kalian terlihat sehat dan tidak bergejala, jika sudah terpapar Covid-19 tetap bisa menularkan ke orang lain loh. Jadi, saat terkonfirmasi positif Covid-19 dan tidak bergejala, kalian tetap wajib untuk melakukan isolasi mandiri selama 10-14 hari.(*)

Related Articles
Current Issues
Apakah Cuci Tangan Masih Efektif Lawan Varian Delta yang Lebih Menular?

Current Issues
Studi: Banyak Penyintas Covid-19 Hadapi Masalah Kesehatan Baru Usai Terinfeksi

Current Issues
Angka Positf Terus Naik, Ingat Lagi Kebiasaan yang Bikin Covid-19 Enggan Mampir