Current Issues

Kasus Covid-19 Makin Menggila, Yuk Ingat Lagi Cara Pakai Masker yang Benar

Dwiwa

Posted on June 25th 2021

Rekor harian Covid-19 di Indonesia kembali dipecahkan pada Kamis (24/6) yakni dengan adanya penambahan 20.574 kasus baru. Ini merupakan penambahan tertinggi semenjak Covid-19 terdeteksi di Indonesia pada Maret 2020 silam.

Menurut ahli, lonjakan kasus ini disebabkan oleh meningkatnya interaksi sosial dan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi selama libur lebaran. Padahal nih, protokol kesehatan ini menjadi salah satu senjata penting bagi kita untuk melindungi diri dari Covid-19 loh.

Pelanggaran protokol kesehatan yang paling sering kita lihat di sekitar adalah orang tidak lagi menggunakan masker saat bepergian atau berkunjung ke pusat keramaian. Padahal masker ini memiliki peran penting dalam mencegah droplet yang kemungkinan mengandung virus SARS-Cov-2 untuk menyebar maupun menulari pemakainya.

Terkadang, kita juga melihat orang-orang memakai masker tetapi tidak dalam posisi yang benar. Ini tentu saja juga membuat fungsi masker jadi berkurang atau sama sekali tidak ada. Lalu, bagaimana sih cara memakai masker yang benar?

Menurut situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sejumlah aturan dasar yang perlu dilakukan ketika akan memakai masker.

1. Kalian wajib mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah memakai masker. Termasuk juga ketika kalian menyentuhnya.

2. Selanjutnya, masker yang digunakan harus menutup hidung, mulut sampai dagu.

3. Ketika kalian melepas masker, simpan di dalam kantong yang bersih. Jika itu masker kain, jangan lupa untuk mencucinya setelah digunakan. Sedangkan jika masker medis atau sekali pakai, segera buang ke tempat sampah.

4. Jangan menggunakan masker dengan katup. 

Hal lain yang tidak boleh disepelekan adalah masker yang kita pakai harus pas di wajah, tidak boleh longgar. Masker ini harus menempel rapat di wajah tanpa memberikan celah. Tetapi juga harus bisa membuat kalian bernapas dengan nyaman.

Beberapa ahli, termasuk Kementerian Kesehatan, juga menyarankan untuk menggunakan masker ganda agar dapat memberikan perlindungan yang lebih baik. Dalam menggunakan masker ganda, kalian bisa mengkombinasikan masker medis dan masker kain. Masker medis ada di bagian dalam dan kemudian dilapisi masker kain di bagian luar.

Meski menyarankan penggunaan masker ganda, tetapi kombinasi dari dua masker medis atau masker N95 dan masker lain tidak direkomendasikan. Pasalnya, masker N95 sudah memiliki kemampuan filtrasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis masker yang lain.

Masker ini juga harus selalu kalian pakai setiap kali keluar rumah atau bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah. Kemudian saat memakai atau pun melepasnya, kalian hanya boleh menyentuh bagian talinya saja.

Meskipun sejumlah penelitian telah menyebut jika masker N95 dan masker medis memiliki tingkat perlindungan yang lebih baik, tetapi penggunaan masker kain juga tetap bisa melindungi kok. Asalkan, jenis kain yang digunakan berkualitas.

Menurut WHO, masker kain yang sebaiknya digunakan adalah yang memiliki setidaknya tiga lapisan. Lapisan terluar terbuat dari bahan yang tahan air seperti poliester atau campuran poliester. Kemudian bagian tengah terbuat dari bahan bukan tenun seperti polipropilen dan lapisan paling dalam dari bahan penyerap seperti katun.

Masker tersebut bisa kalian buat sendiri. Tetapi jika tidak memiliki waktu atau menghendaki yang praktis, sudah banyak masker kain yang dijual di pasaran, baik di toko offline maupun e-commerce. Jadi kalian tinggal memilih mana yang sesuai dengan standar dan budget ya.(*)

Related Articles
Current Issues
Biar Nggak Bingung, Begini Loh Cara Pakai Masker Ganda yang Benar

Current Issues
Ada Varian Omicron, Apakah Masker Kain Masih Efektif? Ini Kata Ahli

Current Issues
Marah Diingatkan karena Gak Pakai Masker? Mungkin Orang itu Mengalami Hal ini...