Tech

Semua SUV Listrik Andalan Volvo, XC90 Dilengkapi Lidar Luminar

Jingga Irawan

Posted on June 25th 2021

credit: Volvo Cars

Pabrikan mobil listrik ternama Volvo Cars dan perusahaan pengembang LiDAR, Luminar Technologies telah meningkatkan kemitraan penting. Dilansir Tech Crunch, Jum’at (25/6), kedua perusahaan mengatakan bahwa paket teknologi mengemudi otonom Luminar, yang mencakup hardware, sensor lidar dan sistem persepsi eksklusif, akan menjadi standar pada SUV listrik andalan Volvo, XC90.

LiDAR (Light Detection and Ranging) dapat mengukur jarak menggunakan sinar laser untuk menghasilkan peta 2D atau 3D yang sangat akurat dari dunia di luar kendaraan. Sensor Lidar dideskripsikan sebagai "mata" dari sistem mengemudi otonom. Teknologi ini juga digunakan di berbagai industri, mulai dari pertanian hingga manufaktur lanjutan.

credit: Luminar

Sebelumnya, Luminar mengumumkan kesepakatan produksi dengan Volvo pada Mei. Tetapi saat itu, teknologi Luminar masih menjadi fitur opsional pada kendaraan andalannya. Jadi, pelanggan harus menambah biaya jika kendaraannya ingin memakai LiDAR Luminar. Dan sekarang, teknologi tersebut akan diaplikasikan pada setiap kendaraan SUV listrik yang diproduksi.

Dikutip terpisah dari Forbes, XC90 bukan kendaraan pertama di pasar dengan LiDAR, tetapi salah satunya. Mercedes-Benz, Lucid, BMW dan Xpeng semuanya meluncurkan produk tahun ini dan berikutnya dengan LiDAR, tapi masih sebagai opsional.

Dengan menyertakan rangkaian paket lengkap sistem mengemudi otonom sebagai perlengkapan standar pada XC90, Volvo mengikuti pola yang dilakukan oleh Tesla ketika meluncurkan Autopilot generasi kedua pada 2016.

Namun, pelanggan tetap harus membayar jika ingin memanfaatkan fungsionalitas Highway Pilot. Kemampuan Highway Pilot dapat membuat pengemudi keluar dari loop, bahkan tidak perlu secara aktif memantau kendaraan, seperti yang telah umum dikenal di beberapa sistem. Fitur ini adalah kemampuan otonom tertinggi yang ditawarkan. Khusus ini pelanggan harus membayar biaya tambahan.

Menurut Tech Crunch, fungsionalitas itu akan diaktifkan secara nirkabel ketika kondisi mengemudi diverifikasi aman. Yang tidak perlu dibayar pelanggan adalah serangkaian kemampuan keselamatan, seperti pengereman darurat otomatis dan pemeliharaan lajur, yang menjadi penyebab paling umum kecelakaan mobil.

Kesepakatan dianggap sebagai keuntungan besar bagi Luminar karena volume produksi mereka akan lebih tinggi. Perusahaan juga akan mendapat manfaat dari ribuan jarak tempuh sebagai evaluasi sistemnya.

Volvo tidak mengungkapkan berapa biaya add-on untuk Highway Pilot. Dan apakah itu akan tersedia dalam model berlangganan atau hanya pembelian satu kali saja. Tetapi, perusahaan mobil itu mengatakan bahwa semua kendaraan akan lebih siap untuk mengemudi otonom tanpa pengawasan setelah tersedia.(*)

Artikel Terkait
Tech
Elon Musk Sebut LiDAR Tak Perlu, tapi Kok Tesla Menguji Sensor Laser Luminar?

Tech
Saingi Gigafactory Tesla Di Eropa, Volvo Produksi Baterai Bareng Northvolt

Tech
BMW Memperkenalkan Mobil yang Bisa Berubah Warna