Tech

Instagram Uji Coba Tampilkan Rekomendasi Post Sesuai Topik yang Disuka

Biar kita nge-scroll terus.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 24th 2021

(Gambar: Instagram)

Setelah lima tahun lalu mengucapkan selamat tinggal pada tampilan unggahan yang sesuai urutan waktu, Instagram kini tengah menguji coba tampilan timeline baru lagi. Media sosial satu ini bakal menampilkan rekomendasi post sesuai dengan topik yang kita sukai, mirip seperti Twitter.

Fitur bernama Suggested Post ini sebenarnya bukan hal baru. Pada 2018, Instagram sudah mulai menampilkan rekomendasi unggahan setelah kita selesai nge-scroll semua unggahan akun yang kita ikuti. Bakal muncul logo centang dan tulisan “Anda sudah melihat semuanya” sebelum rekomendasi unggahan itu muncul. Biar tetap nge-scroll walaupun nggak ada unggahan baru gitu lho.

Nah, kali ini fitur tersebut dikembangkan lagi. Dilansir dari The Verge, unggahan yang direkomendasikan itu bakal dicampur dengan unggahan akun yang kita ikuti. Bukan di bagian paling akhir lagi. Bahkan bisa tampil lebih dulu daripada unggahan utama.

Tambahannya lagi, Instagram bakal merekomendasikan post berdasarkan topik yang kita pilih. Bukan sekadar mengira-ngira dari apa yang kita lihat, tapi langsung menyodorkan beberapa topik buat dipilih seperti fotografi, desain interior, dan lain-lain. Konsepnya mirip sama punya Twitter. Kalau kita pilih topik tertentu, nanti bakal muncul unggahan sesuai topik itu di linimasa kita.

(Gambar: Instagram)

Tangkapan layar pilihan topik di Twitter

Nantinya unggahan rekomendasi itu bakal muncul lengkap dengan keterangan topiknya di bagian atas. Kita bisa klik logo bintang kalau mau memilih topik tersebut. Bisa juga mengatur interests kita buat mengecek mana yang kita sukai dan nggak.

Menariknya, ada pilihan buat snooze unggahan rekomendasi. Siapa tahu mau fokus lihat unggahan dari akun yang kita ikuti tanpa gangguan. Namun, tombol snooze ini hanya bisa menonaktifkan rekomendasi selama 30 hari.

Yang jelas ini terlihat banget Instagram berusaha bikin kita nge-scroll terus dan menghabiskan waktu lebih lama di media sosial satu ini. Kan makin lama kita scrolling, makin banyak iklan yang bisa diselipkan tuh. Makin tinggi cuan deh~

Untuk sekarang fitur ini masih diuji coba untuk sejumlah pengguna dan belum sepenuhnya dirilis. Nah, gimana nih menurutmu fitur baru Instagram ini?

Di luar itu, Instagram dan Facebook telah merilis sejumlah tantangan buat para kreator konten yang mau cari pemasukan tambahan. Pada Mei lalu dua media sosial itu juga sempat menguji coba tawaran buat kita tidak menampilkan jumlah like di unggahan yang kita lihat. (*)

 

Related Articles
Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang

Tech
Instagram Lite Muncul Lagi buat Pemilik HP Kentang atau yang Mau Hemat Kuota

Tech
Instagram Rilis Reels di Beberapa Negara, Seberapa Mirip Dengan TikTok?