Tech

Tesla Buka Stasiun Pengisian Pertama di Tiongkok dengan Penyimpanan Tenaga Surya

Jingga Irawan

Posted on June 23rd 2021

getty images

Meskipun menghadapi banyak tuduhan negatif di Tiongkok tapi Tesla justru semakin serius mengembangkan perusahaannya di negeri tersebut. Dilansir dari Gadgets 360, Rabu (23/6), Tesla mengatakan telah membuka stasiun pengisian listrik pertama di Tiongkok dengan fasilitas penyimpanan tenaga surya.

Stasiun pengisian yang berlokasi di Lhasa City tersebut bisa menghasilkan daya dari sinar matahari dan menyimpannya di fasilitas penyimpanan energi untuk pengisian kendaraan listrik. Hal itu disampaikan Tesla dalam sebuah postingan di Weibo, media sosial Tiongkok.

Tesla memang memperluas bisnisnya ke tenaga surya sejak 2016. Itu ditandai dengan membeli perusahaan SolarCity. Perusahaan tersebut melayani pembelian dan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya. Perusahaan yang berbasis di California itu dibeli senilai USD 2,6 miliar. Sejak saat itu, Tesla mengatakan ingin mengembangkan bisnis energinya.

Layanan surya perusahaan itu meliputi Solar Roof, sistem pembangkit listrik yang dipasang di atap rumah. Ada juga Powerwall, tempat penyimpanan daya yang dihasilkan oleh panel surya.

Tahun lalu, Tesla, yang juga memproduksi listrik di Shanghai, memasang iklan pekerjaan untuk manajer proyek penyimpanan energi dan surya di Tiongkok. Hal itu menandakan bahwa perusahaan tersebut terus berupaya mengambil peran dalam pemakaian energi ramah lingkungan di Tiongkok.

Sementara itu, pada 22 Juni lalu, CEO Tesla Elon Musk men-tweet bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk mengadakan Tesla AI Day dalam waktu sekitar satu bulan. Acara itu untuk memamerkan kemajuan Tesla dalam hal AI software dan hardware.

"Mempertimbangkan untuk mengadakan Tesla AI Day dalam waktu sekitar satu bulan atau lebih. Akan membahas kemajuan dengan perangkat lunak & perangkat keras Tesla AI, baik pelatihan & inferensi. Tujuannya adalah merekrut," cuit Musk.(*)

Related Articles
Tech
Siap Saingi Apple dan Tesla, Baidu dan Geely Kolaborasi Luncurkan Mobil Listrik

Tech
Tidak Hanya Komplek Militer, Tesla Juga Dilarang Parkir di Gedung Pemerintahan

Tech
Blackberry-Baidu Kolaborasi Bikin Software Mobil Otonom