Current Issues

Jangan Ragu Vaksinasi! Vaksin Covid-19 AstraZeneca Efektif Lawan Varian Delta

Dwiwa

Posted on June 23rd 2021

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan varian Delta sebagai salah satu dari empat varian yang menjadi perhatian. Selain lebih menular, varian ini juga dikhawatirkan lebih berbahaya. Tetapi untungnya, sejumlah vaksin yang sudah digunakan di dunia tetap memberikan perlindungan, termasuk AstraZeneca yang digunakan di Indonesia.

Dilansir dari Reuters, studi yang dilakukan Oxford University menunjukkan jika vaksin Covid-19 AstraZeneca Plc (AZN.L) efektif terhadap varian Delta dan Kappa yang pertama kali diidentifikasi di India.

Studi yang dirilis di Cell ini menyelidiki kemampuan antibodi monoklonal dalam serum dari orang yang sudah pulih dan orang yang divaksinasi untuk menetralkan varian Delta dan Kappa.

Pekan lalu, analisis dari Public Health England (PHE) menunjukkan jika vaksin yang dibuat oleh Pfizer Inc (PFE.N) dan AstraZeneca menawarkan perlindungan lebih dari 90 persen terhadap rawat inap akibat varian Delta.

Menurut perusahaan pembuatnya, hasil ini didasarkan pada analisis terbaru oleh PHE yang menunjukkan bukti awal data dunia nyata bahwa dua dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca efektif terhadap varian Delta, dengan tingkat perlindungan yang sama dicapai seperti yang terlihat pada varian Alpha.

Varian Delta sendiri telah mendominasi di Inggris, menggantikan varian Alpha yang sebelumnya paling banyak ditemukan di wilayah itu. Pejabat WHO bahkan memprediksi jika varian ini kemungkinan bakal mendominasi dunia. (*)

Related Articles
Current Issues
Apakah Vaksin Asal Tiongkok Efektif Lawan Varian Delta?

Current Issues
Studi: Kemanjuran Pfizer dan AstraZeneca Melemah Hadapi Varian Delta

Current Issues
Seberapa Bahaya Sih Varian Covid Berikutnya? Ini Prediksi Para Ahli