Lifestyle

5 Skill yang Perlu Dipelajari sebelum Kuliah, Biar Siap Hadapi Dunia Baru

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 23rd 2021

(Ilustrasi: pch.vector/Freepik)

Buat kalian yang tahun ini jadi calon mahasiswa baru, selamat! Kalian bakal memasuki dunia yang berbeda dari SMA. Bakal banyak banget perubahan dari cara belajar, bakal ada sederet tuntutan buat bisa survive.

Nih, simak beberapa skill praktikal yang perlu kamu kuasai dasar-dasarnya biar bisa jadi mahasiswa yang baik~

1. Mengutip dan menulis daftar pustaka

Jenis-jenis sitasi

Di perkuliahan pasti bakal banyak ketemu dengan riset dan erat dengan mengutip teori-teori dari berbagai sumber. Penting banget buat tahu cara mengutip langsung dan tidak langsung beserta menulis daftar pustaka.

Mengutip atau sitasi dan daftar pustaka punya format yang berbeda-beda, tergantung jurusan. Kalau mau mudah sih bisa pakai web seperti citethisforme.com atau extension seperti MyBib. Di Microsoft Word juga ada kok, di tab References. Tinggal pilih gaya sitasi yang digunakan, jenis sumber data (jurnal, buku, dan lain-lain), sudah deh. Biar gak salah format, pastikan lagi sitasi yang digunakan ke dosen.

2. Excel atau Spreadsheet

 Logo Excel dan Spreadsheet

Rasanya hampir gak ada jurusan yang nggak berurusan dengan data, mangkanya Excel atau Spreadsheet jadi penting. Buat kamu yang suka kerja offline, Excel bisa jadi pilihan. Kalau kerjanya bareng orang lain dan mau update real-time, Spreadsheet bisa lebih memudahkan.

Nah, biar menghitung atau merangkum data gak lagi manual, perlu banget belajar rumus-rumus Excel. Kuasai dulu deh rumus dasar seperti SUM, AVERAGE, MEDIAN, dampai MODUS. Kalau sudah ingat bisa lanjut ke pivot table, VLOOKUP, HLOOKUP, INDEX, MATCH, SUMIFS, IF, data extraction, dan masih banyak lagi.

Kalau mau mulai belajar tanpa modal, di YouTube banyak banget kanal edukasi tentang Excel seperti kanal Ignasius Ryan atau Excel-ID. Di TikTok juga banyak kreator yang sharing rumus-rumus simpel buat mempermudah pekerjaan seperti @excel.friend, @excell.boss, sampai @miss.excel. Kalau ada modal sedikit sih, daftar kelas berbayar juga oke lho~

3. Desain

Logo Adobe Photoshop dan Canva

 

 

Entah sekadar buat file Powerpoint biar eye-catching atau ada tugas poster, skill mendesain penting juga buat survive di perkuliahan. Kalau mau belajar yang agak pro sih bisa mulai pakai aplikasi desain seperti Inkscape, Adobe Photoshop, atau Adobe Illustrator yang bisa diunduh di PC.

Kalau gak punya waktu buat fokus belajar desain, bisa belajar level up aplikasi desain cepat seperti Canva atau Adobe Sparkpost yang bisa diakses di ponsel atau web. Biar gak kelihatan hasil template banget gitu lho. Cek di sini buat rekomendasi web atau aplikasi desain yang beginner friendly.

4. Editing

Logo Adobe Premiere dan VN

Namanya juga era digital, video pasti sering banget jadi media penyampaian informasi yang diandalkan. Kalau mau belajar aplikasi yang agak pro bisa mulai dengan Filmora, Adobe Premiere, sampai Adobe After Effect.

Kalau gak punya waktu buat fokus belajar video editing yang terlalu pro, bisa belajar trik-trik memanfaatkan aplikasi mobile seperti Kinemaster, VN, Capcut, YouCut, dan lain-lain. Kalau tahu triknya sih hasilnya bakal oke banget!

5. Manajemen file

Logo File Manager dan Google Drive

Dari semua skill di atas, skill satu ini mungkin yang paling diremehkan, tapi cukup krusial. Semasa kuliah, pasti banyak banget file tugas atau materi yang sayang banget kalau hilang. Mulai sekarang, coba belajar buat memanajemen file deh.

Kalau pakai laptop bakal lebih mudah sih. Buat dulu folder besar untuk memisahkan file akademik, personal, atau hal-hal yang kurang penting. Buat folder tersendiri. Di dalam folder akademik, buat lagi sub-folder berdasarkan semester. Buat lagi folder berdasarkan mata kuliah.

Tips pentingnya: setiap file dikasih awalan tanggal unduh dan kata kunci yang mewakili isi file. Kalau nanti kita butuh file-nya, kita bisa search tanggal perkiraan atau kata kunci file-nya, jadi gak makan waktu buat menemukan satu file.

Manfaatkan juga penyimpanan cloud seperti Google Drive atau OneDrive. Pastikan file-file penting seperti data diri atau tugas yang sangat amat penting selalu di-backup di penyimpanan cloud ini. Jaga-jaga kalau laptop ada masalah atau gak sengaja menghapus, kita masih punya pegangan. Buat folder buat mengategorikan file juga biar lebih rapi.

Nah, itu dia lima kemampuan praktis yang perlu banget disiapkan sebelum masuk kuliah. Good luck buat kalian para camaba, semoga bisa survive di dunia baru ya~

Cek di sini buat rekomendasi Chrome extension buat memeriahkan belajar daringmu. Sebelum masuk kuliah mau menghias meja belajar biar mood belajar naik? Klik di sini buat rekomendasinya. (*)

 

Related Articles
Interest
8 Rekomendasi Website dan Aplikasi Biar Tugasmu Cepat Selesai!

Tech
5 Rekomendasi Website Desain Cepat dan Kece Selain Canva + Review dan Hasilnya

Lifestyle
17 Kata Kunci Ilustrasi Canva yang Bikin Desainmu Makin Estetik