Current Issues

Covid-19 di Indonesia Menggila, Ini Tips Aman Agar Tidak Tertular Varian Baru

Dwiwa

Posted on June 22nd 2021

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kembali menggila. Bahkan pada Senin (21/6), kasus harian baru yang tercatat memecahkan rekor tertinggi semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Kenaikan sebesar 14.536 kasus yang terjadi melampaui rekor tertinggi pada 30 Januari 2021 yakni 14.518 kasus.

Kondisi ini tentu membuat kita harus semakin waspada. Apalagi, varian baru yang lebih menular, seperti varian Alpha dan Delta, juga telah diketahui menyebar di beberapa wilayah Indonesia.

Pemerintah sendiri telah berupaya menekan penyebaran ini dengan mempertebal pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di zona merah dan beberapa kebijakan lain. Tetapi tentu saja kita tidak bisa menggantungkan semuanya kepada pemerintah.

Selain kebijakan pemerintah, peran serta kita dan masyarakat lain sangat besar dalam membuat pandemi Covid-19 segera enyah dari bumi pertiwi. Lalu, apa saja yang perlu kita lakukan agar terhindar dari paparan Covid-19, terutama varian virus corona baru yang sedang merajalela?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari paparan virus corona.

 

1. Patuhi aturan pihak berwenang

Hal pertama yang wajib kalian lakukan agar terhindar dari paparan virus corona adalah dengan mematuhi aturan yang sudah dibuat oleh pihak berwenang. Misalnya saat ini, pemerintah sedang mempertebal PPKM mikro di zona merah yang berarti mobilitas penduduknya dibatasi.

Kebijakan PPKM mikro sendiri sudah memuat sejumlah aturan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh masyarakat. Jadi, yang perlu kita lakukan hanya mengikutinya dengan cara lebih banyak tinggal di rumah dan hanya keluar jika ada keperluan penting.

 

2. Pakai masker berkualitas dengan benar

Semenjak pertama virus corona menyebar, para ahli telah merekomendasikan penggunaan masker untuk mencegah tertular maupun menularkan virus corona. Masker ini berfungsi sebagai pelindung agar droplet pernapasan yang mungkin terkontaminasi tidak bisa keluar masuk dengan mudah.

Sejumlah pakar memang menyarankan penggunaan masker medis untuk melindungi individu dari paparan virus corona baru. Tetapi menurut Juru Bicara Satgas Penangan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, masker medis maupun masker kain masih tetap sama-sama memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

Tetapi tentu saja perlindungan ini akan didapat jika masker digunakan secara tepat dan terbuat dari bahan berkualitas. Masker N95 atau masker medis memang lebih teruji dan terstandar, tetapi masker kain berlapis yang berkualitas juga tidak kalah baik.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan masker ganda untuk membuat efektivitas masker kain lebih baik. Jangan lupa, masker yang digunakan harus pas di wajah ya. Ingat untuk selalu memakainya saat keluar rumah atau bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah.

 

3. Jaga jarak dan hindari kerumunan

Selanjutnya adalah menjaga jarak dari orang lain minimal dua meter dan menghindari kerumunan. Meskipun beberapa studi menunjukkan jika virus corona ini bisa menular lewat airborne tetapi menjaga jarak dari orang lain dan menghindari kerumunan tetap memberikan pengaruh cukup signifikan dalam menghindari tertular Covid-19.

Dengan menjaga jarak setidaknya droplet berukuran besar yang mungkin mengandung lebih banyak virus akan lebih dulu jatuh ke tanah sebelum sampai.

 

4. Cuci tangan  dengan sabun atau hand sanitizer

Langkah selanjutnya adalah membersihkan tangan dengan mencucinya menggunakan sabun di air mengalir atau dengan menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60 persen. Penelitian telah menunjukkan jika cuci tangan memiliki dampak besar dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk dari infeksi Covid-19.

Rutin bersihkan tangan kalian setiap habis menyentuh permukaan benda, terutama di tempat umum seperti pegangan eskalator, tombol lift, atau pegangan pintu. Kalian juga harus membersihkan tangan jika ingin menyentuh wajah.

 

5. Hindari tempat ramai, di dalam ruangan dengan ventilasi buruk

Sebisa mungkin hindari juga berada di dalam ruangan bersama orang yang tidak tinggal serumah dalam jangka waktu lama. Apalagi jika ventilasi di ruangan tersebut buruk. Jika terpaksa harus di dalam ruangan, pastikan sirkulasi udaranya baik dan selalu buka jendela dan pintu.

 

6. Dapatkan vaksinasi

Langkah yang tidak bisa ditinggalkan adalah mendapatkan suntikan vaksin ketika kalian sudah mendapatkan jatah. Jangan tunda-tunda atau memilih vaksin. Segera dapatkan vaksin Covid-19 jika sudah tersedia. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Varian Virus Corona Baru Kepung AS, Lebih Banyak Anak Muda Dirawat

Current Issues
Marah Diingatkan karena Gak Pakai Masker? Mungkin Orang itu Mengalami Hal ini...

Current Issues
Perketat Prokes, Varian Delta yang Lebih Menular Sudah Menyebar di Indonesia