Tech

TikTok Siapkan Fitur Jump, Kreator Gak Perlu Taruh Link di Bio Lagi

Buat tautan tertentu aja sih, tapi cukup memudahkan.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 22nd 2021


(Foto: TikTok)

TikTok terus mengembangkan fitur untuk mendukung para kreator dan penonton video. Baru-baru ini sebuah fitur bernama Jump dicetuskan sebagai bentuk integrasi dengan platform lain dalam bentuk mini-app.

Misalnya ada kreator yang lagi bikin video tentang Kerajaan Majapahit. Biar penonton bisa membaca lebih jauh tentang topik tersebut, si kreator bisa tuh menambahkan tautan Wikipedia. Namun, kalau ditaruh di bio kan agak kurang praktis ya. Nah dengan adanya Jump, kreator bisa menaruhnya di video yang berkaitan.

Nantinya tautan tersebut bakal muncul di bagian atas nama kreator yang ada di deskripsi video. Pasti sudah sering lihat dong ada logo Wikipedia di sana. Nah, itu bisa diklik buat baca lebih lanjut tentang topiknya!

Untuk saat ini Jump baru bekerja sama dengan beberapa platform seperti aplikasi resep Whisk, aplikasi meditasi Breathwrk, Wikipedia, web kuis Quizlet, platform skor olahraga StatMuse, dan web informasi restoran Tabelog.

Dalam beberapa minggu ke depan bakal ketambahan media berita Buzzfeed, aplikasi pelajar Jumprope, layanan pesan IRL, dan layanan rekomendasi konten Watcha. Mayoritas memang platform yang aktif digunakan di Amerika Serikat nih, belum banyak platform lokal. Maklum, masih tahap awal.

Bagi TikTok, Jump muncul karena aplikasi video singkat ini mulai dijadikan media belajar selain sekadar hiburan.

TikTok telah menjadi tempat yang dituju orang-orang yang ingin hiburan dan juga belajar. Melalui TikTok Jump, kami mendorong komunitas untuk menemukan hal-hal baru dan membantu memunculkan aksi dan interaksi mendalam di dalam dan luar platform,“ ujar kepala produk TikTok, Sean Kim, dilansir dari web resmi perusahaan tersebut.

Untuk saat ini semua pengguna bisa melihat video yang memanfaatka fitur Jump, tapi hanya sepilihan kreator yang bisa menautkannya di video mereka. Wah, semoga aja Jump bisa makin berkembang dan ketambahan platform-platform lokal nih. Kalau ada kan kreator konten haul atau beli barang-barang unik gak perlu lagi taruh banyak link di bio tuh, bakal memudahkan banget~

Di luar itu, Snapchat juga punya fitur serupa Jump dengan nama Minis. Salah satu aplikasi mini yang ada di media sosial tersebut adalah Headspace, aplikasi meditasi untuk meningkatkan kesehatan mental. (*) 

Related Articles
Tech
TikTok Siapkan Fitur Moderator dan Filter Komentar saat Live demi Cegah Bullying

Tech
TikTok Lagi Uji Coba Tingkatkan Durasi Jadi 3 Menit, Bakal Tetap Asyik Nggak ya?

Tech
TikTok Bakal Buat Stasiun Radio Musik, Kolaborasi Bareng SiriusXM dan Pandora